Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa Kelas II Semester Satu Sekolah Dasar

Mumpuni, Atikah (2016) Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa Kelas II Semester Satu Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-atikah-mumpuni-14712251003.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) nilai-nilai karakter, (2) kesesuaian nilai karakter terhadap indikator KI 1 dan KI 2, serta (3) teknik penyajian nilai karakter pada buku teks kurikulum 2013 pegangan guru dan buku pegangan siswa kelas II SD, semester satu. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten dengan subjek Buku Teks kurikulum 2013 kelas II SD semester satu yang terdiri atas empat tema, yaitu “Hidup Rukun”, “Bermain di Lingkunganku”, “Tugasku Sehari-Hari”, serta “Aku dan Sekolahku”. Sebagai objek penelitian adalah muatan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku tersebut. Objek yang diteliti meliputi: 1) jenis nilai karakter, 2) kesesuaian nilai karakter terhadap indikator KI 1 dan KI 2, serta 3) teknik penyajian nilai karakter dalam buku teks kurikulum 2013 pegangan guru dan pegangan siswa kelas II Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pencermatan dan pencataan terhadap buku yang dianalisis. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa “Rubrik Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter”. Validitas instrumen pada penelitian ini adalah validitas semantik dan pemeriksaan ahli. Reliabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah reliabilitas stabilitas dan reliabilitas replikabilitas. Teknik analisis konten terdiri atas enam langkah, yaitu: 1) pengumpulan data, 2) penentuan sampel, 3) pencatatan data, 4) reduksi, 5) penarikan kesimpulan, dan 6) mendeskripsikan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) buku pegangan guru dan buku pegangan siswa dalam setiap tema mengandung muatan nilai-nilai karakter, yang terdiri dari religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dengan jumlah bervariasi dan persebaran kurang merata. 2) Nilai karakter yang disajikan sebagian besar telah sesuai dengan indikator KI 1 dan KI 2, tetapi ditemukan pula karakter yang kurang sesuai dengan indikator KI 1 dan KI 2 dalam buku. 3) Teknik penyajian nilai-nilai karakter yang sesuai indikator KI 1 dan KI 2 dengan cara pengungkapan dan pengintegrasian nilai karakter, menggunakan lagu, cerita, dan drama untuk memunculkan nilai karakter, mengubah hal-hal negatif menjadi positif, serta melakukan praktik lapangan untuk memunculkan nilai karakter.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai karakter, buku teks, Kurikulum 2013, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Apr 2016 07:34
Last Modified: 09 May 2019 07:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31383

Actions (login required)

View Item View Item