KESIAPAN MAHASISWA DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF KONSTRUKTIF

Wagiran, Dr. M.Pd (2006) KESIAPAN MAHASISWA DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF KONSTRUKTIF. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text (Document)
Wagiran.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harapan dan kesiapan mahasiswa dalam implementasi pembelajaran aktif konstruktif sesuai tuntutan pembelajaran dalam penerapan kurikulum berbasis kompetensi Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan terhadap mahasiswa semester 6 Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik UNY. Sampel diambil sama dengan populasi sejumlah 38 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan angket yang telah teruji validitas isi melalui rational judgment dan validitas konstruk melalui korelasi skor butir dengan skor total. Reliabilitas dihitung dengan formula Alpha dari Cronbach. Data dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Harapan mahasiswa terhadap pembelajaran aktif konstruktif sesuai tuntutan pembelajaran dalam penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi termasuk dalam kategori cukup tinggi dengan rerata 98,11 dan pencapaian skor sebesar 81,75 %, (2) Kesiapan mahasiswa dalam pembelajaran aktif konstruktif sesuai tuntutan pembelajaran dalam penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi termasuk dalam kategori cukup tinggi dengan rerata 123,71 dan pencapaian skor sebesar 73,64 Kata kunci: pembelajaran aktif, kurikulum berbasis kompetensi, kesiapan pembelajaran FT, 2006 (PEND. TEK. MESIN)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
LPPM
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Date Deposited: 07 Aug 2012 23:58
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3123

Actions (login required)

View Item View Item