Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pemecahan Masalah Model Polya terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Margorejo Tempel, Sleman, Yogyakarta

Anugraheni, Indri (2012) Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pemecahan Masalah Model Polya terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Margorejo Tempel, Sleman, Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-indri-anugraheni-10712251006.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah model Polya terhadap aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa SD pada tema pokok keliling dan luas jajargenjang dan segitiga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan variabel terikat prestasi belajar matematika siswa SD dan variabel bebasnya adalah pendekatan pemecahan masalah model Polya dan pendekatan konvensional. Desain penelitiannya yaitu desain kelompok kontrol nonekuivalen. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Margorejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta. Subjek Penelitian sebanyak 71 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes prestasi belajar matematika. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kovarian dengan skor pre-test sebagai kovariat pada taraf signifikansi 5 % (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah model Polya berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa SD. Analisis aktivitas siswa menunjukkan bahwa aktivitas yang dilakukan siswa pada kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan dengan aktivitas yang dilakukan oleh kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan pendekatan pemecahan masalah model Polya sedangkan kelompok kontrol menggunakan pendekatan konvensional. Aktivitas yang dilakukan oleh kelompok eksperimen yaitu kegiatan memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah, membuat kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah model Polya membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran matematika dan prestasi belajar juga lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pemecahan masalah model Polya, aktivitas, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2016 06:58
Last Modified: 29 Jan 2019 08:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31226

Actions (login required)

View Item View Item