LAPORAN KELOMPOK PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI TK PKK 51 TERONG

Dwi Ambarwati, Dwi Ambarwati (2015) LAPORAN KELOMPOK PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI TK PKK 51 TERONG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DWI AMBARWATI 12111244032.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa yang menempuh program studi kependidikan. Kegiatan tersebut dimaksudkan agar mahasiswa sebagai calon guru dapat mengembangkan kemampuannya dalam pembelajaran dimulai dari menyusun rencana pembelajaran, membuat media pembelajaran, mengembangkan alat evaluasi, dan melaksanakan proses pembelajaran itu sendiri, serta mengembangkan seluruh kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan selama 1 bulan. Sebelum kegiatan PPL ini dilaksanakan mahasiswa diwajibkan melakukan praktek pembelajaran mikro terlebih dahulu agar dapat mengasah kemampuan dalam mengajar. Sekolah tempat mahasiswa melakukan Praktek Pengalaman Lapangan adalah sekolah yang telah bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta yaitu di TK PKK 51 Terong yang terletak di Pencitrejo, Terong, Dlingo,,Bantul. TK PKK 51 Terong memiliki tenaga pendidik yang professional namun ruangan sekolah dan kantor guru sangat sempit, sehingga dalam kegiatan belajar mengajar kurang kondusif dan kurang nyaman. Mahasiswa mendapatkan bimbingan dari sekolah dengan baik serta diberikan kesempatan untuk mengembangkan ilmu dan mendapatkan banyak pengalaman selama kegiatan PPL. Sebelum kegiatan PPL dilaksanakan mahasiswa mendapatkan Rencana Kegiatan Mingguan kemudian mengembangkan kegiatan dan media serta kelengkapan lainnya dan menyusunnya ke dalam Rencana Kegiatan Harian (RKH). RKH yang telah disusun terlebih dahulu dikonsultasikan untuk mengetahui apakah ada perbaikan yang perlu dilakukan. Bila seluruh rencana kegiatan telah siap, mahasiswa mempersiapkan media dan alat peraga yang akan digunakan dalam pembelajaran. Dalam kegitan pembelajaran mahasiswa dipantau secara langsung oleh guru kelas dan mendapatkan bimbingan bila diperlukan. Evaluasi yang diberikan oleh tiap guru pun meningkatkan kompetensi mahasiswa baik dalam persiapan, mengajar, maupun penilaian terhadap peserta didik. Seluruh rangkaian kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik karena dukungan dan bimbingan serta kerjasama yang baik antara mahasiswa dan sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Perencanaan program, Pelaksanaan Program, Analisis HasilTK PKK 51 Terong, program PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Apr 2016 05:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31209

Actions (login required)

View Item View Item