Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SD Negeri di Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala Tahun Pelajaran 20ll/2012

Herliana, Herliana (2012) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SD Negeri di Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala Tahun Pelajaran 20ll/2012. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-herliana-10712259007.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan contextual teaching and learning dan pendekatan konvensional ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent comparison-group design. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri di kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala. Pengambilan sampel dengan cara diundi dan dari hasil pengundian tersebut terpilihlah SD Negeri Handil Bakti kelas IVA sebagai kelas eksperimen yang dikenai perlakuan dengan pendekatan contextual teaching and learning dan SD Negeri Semangat DaIam 2 kelas IVA sebagai kelas kontrol pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional. Instrumen dalam penelitian ini berupa instrumen tes dan non tes yaitu angket motivasi belajar matematika dan tes prestasi belajar matematika. Koefesien reliabilitas untuk masing-masing instrumen tes dan non tes berturut-turut adalah 0,740 dan 0,899. SEM dari masing-masing instrumen tes dan non tes adalah 2,248 dan 0,899. Untuk mengetahui efektif tidaknya pendekatan pembelajaran CTL dan konvensional pada masing-masing variabel, data dianalisis secara univariat dengan statistik uji one sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Kemudian untuk membandingkan keefektifan pendekatan CTL dan konvensional, data dianalisis secara multivariat dengan taraf signifikansi 5% (0,05) dan ditindaklanjuti dengan analisis secara univariat pada taraf signifikansi 0,025 untuk pengujian dua arah. Hasil penelitian membuktikan bahwa 1) Pembelajaran dengan pendekatan CTL efektif ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa dengan t-6;song CTL >1,697, sedangkan pembelajaran dengan pendekatan konvensional tidak efektif ditinjau dari motivasi belajar siswa dengan rhitung <1,708 ; 2) Pembelajaran dengan pendekatan CTL efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa dengan t-hitung >1,697 dan pendekatan konvensional efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa dengan t-hitune >1,708; 3) Pembelajaran dengan pendekatan CTL lebih efektif daripada pendekatan konvensional ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa dengan nllai F7,221 atau nilai signifikansinya 0,000; 4) Pembelajaran dengan pendekatan CTL lebih efektif daripada pendekatan konvensional ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa dengan nllai t:2,120 atau nilai signifikansinya 0,0019.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: contextual teaching and learning, motivasi belajar, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2016 04:30
Last Modified: 29 Jan 2019 08:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31192

Actions (login required)

View Item View Item