Pengaruh Motivasi Kerja Guru dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sains Sekolah Dasar di Kabupaten Biak Numfor, Papua

Yawan, Ruth (2013) Pengaruh Motivasi Kerja Guru dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sains Sekolah Dasar di Kabupaten Biak Numfor, Papua. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ruth-yawan-07708251021.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar: (1) pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru; (2) pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; dan (3) pengaruh motivasi kerja guru dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru sains sekolah dasar di kabupaten Biak Numfor, Papua. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran sains dan guru kelas yang mengajarkan mata pelajaran sains sekolah dasar di kabupaten Biak Numfor. Sampel terdiri dari 72 guru yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data untuk ketiga variabel adalah dengan menggunakan kuesioner (angket). Penelitian ini termasuk penelitian korelasi (correlation research), maka selanjutnya dicari hubungan antara variabel motivasi kerja guru dan variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap variabel kinerja guru dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis regresi parsial (uji t) menunjukkan bahwa t hitung untuk variabel motivasi kerja guru adalah 4,422 dengan signifikansi 0,000; dan untuk variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah adalah 3,126 dengan signifikansi 0,003 dan dibandingkan dengan nilai t tabel (1,995), maka dapat disimpulkan bahwa: (1) secara parsial terdapat pengaruh positif sedang dan signifikan dari motivasi kerja guru terhadap kinerja guru, (2) secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Dari analisis koefisien regresi ganda (Uji F) diperoleh nilai F hitung sebesar 29,051 dan dibandingkan dengan nilai F tabel (3,130) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif kuat dan signifikan dari motivasi kerja guru dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru sains sekolah dasar di kabupaten Biak Numfor. Nilai koefisien korelasi ganda sebesar 0,676 dan R square sebesar 0,457 menunjukkan hubungan yang kuat antara variabel motivasi kerja guru dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Sumbangan (kontribusi) motivasi kerja guru dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru sains sekolah dasar di kabupaten Biak Numfor adalah sebesar 45,7%; sedangkan sisanya yaitu 54,3% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi kerja guru, gaya kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2016 05:49
Last Modified: 29 Jan 2019 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30744

Actions (login required)

View Item View Item