Pengembangan Perangkat Pembelajaran Collaborative Learning Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Bersahabat Siswa Kelas IV SD Piyungan

Setyorini, Diana (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Collaborative Learning Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Bersahabat Siswa Kelas IV SD Piyungan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-diana-setyorini-14712259019.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kebutuhan guru akan perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan karakter bersahabat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran collaborative learning berbasis kearifan lokal yang layak untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter bersahabat siswa dan (2) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran collaborative learning berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter bersahabat siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan mengacu pendapat Borg dan Gall (1983: 775), namun desain pengembangan perangkat pembelajaran ini hanya meliputi 9 langkah, yaitu (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (4) uji coba terbatas, (5) merevisi hasil uji coba terbatas, (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, (8) uji coba lapangan operasional, (9) penyempurnaan produk akhir dan (10) diseminasi dan implementasi. Subyek uji coba adalah siswa kelas IV SD Piyungan, Bantul. Subyek uji coba terbatas terdiri atas 3 siswa. Subyek uji coba lapangan terdiri atas 8 siswa yang belum terlibat dalam uji coba terbatas, dan subyek uji lapangan operasional terdiri atas 30 siswa kelas IVB. Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran yang meliputi: silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa kedua perangkat pembelajaran tersebut layak menurut ahli materi dan ahli pembelajaran dengan kategori penilaian valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter bersahabat siswa. Motivasi belajar dan karakter bersahabat siswa sebelum mengikuti pembelajaran dengan perangkat yang dikembangkan menunjukkan indikator cukup baik dan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan perangkat hasil pengembangan indikator motivasi belajar dan karakter bersahabat siswa meningkat menjadi sangat baik. Berdasarkan uji coba lapangan operasional didapat p<0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar dan karakter bersahabat antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan perangkat pembelajaran collaborative learning berbasis kearifan lokal dan yang tidak menggunakan perangkat pembelajaran hasil pengembangan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, collaborative learning, motivasi, karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2016 03:35
Last Modified: 29 Jan 2019 08:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30655

Actions (login required)

View Item View Item