Perbedaan Pencapaian Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Eksperimen dan Demonstrasi dalam Pembelajaran Fisika Berbasis PBL di MAN Yogyakarta 2

Purwati, Sri (2016) Perbedaan Pencapaian Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Eksperimen dan Demonstrasi dalam Pembelajaran Fisika Berbasis PBL di MAN Yogyakarta 2. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-purwati-13708259003.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengungkapkan pengaruh penggunaan metode eksperimen dan demonstrasi dalam pembelajaran fisika berbasis PBL terhadap hasil belajar siswa aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan; (2) mendeskripsikan perbedaan pencapaian hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi dalam pembelajaran fisika berbasis PBL; (3) Mengkaji keefektifan penggunaan metode eksperimen dan demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam pembelajaran fisika berbasis PBL. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan the preetest-posttest two treatment design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Yogyakarta 2 pada semester kedua tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang ditentukan menggunakan teknik random sampling. Kelompok eksperimen 1 diberi perlakuan menggunakan metode eksperimen berbasis PBL, kelompok eksperimen 2 diberi perlakuan menggunakan metode demonstrasi berbasis PBL. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik dokumentasi digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa aspek sikap. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa aspek pengetahuan sebelum dan setelah perlakuan. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa aspek keterampilan. Untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen dan metode demonstrasi dalam pembelajaran PBL terhadap masing-masing variabel, data dianalisis secara univariat dengan statistik uji one-t test pada taraf signifikansi 5%. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode eksperimen dan demonstrasi terhadap seluruh variabel, data dianalisis secara multivariat dengan taraf signifikansi 5% dan dilanjutkan dengan analisis secara univariat untuk mengkaji keefektifan penggunaan metode eksperimen dan demonstrasi dalam pembelajaran PBL menggunakan uji t - independent sample. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran fisika berbasis PBL menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan; (2) terdapat perbedaan yang signifikan pencapaian hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika berbasis PBL antara kelompok siswa yang menggunakan metode eksperimen dan kelompok siswa yang menggunakan metode demonstrasi; (3) pembelajaran PBL menggunakan metode eksperimen lebih efektif terhadap hasil belajar siswa aspek keterampilan dibandingkan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: PBL, metode eksperimen, metode demonstrasi, hasil belajar siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2016 07:24
Last Modified: 29 Jan 2019 08:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30620

Actions (login required)

View Item View Item