Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Aktivitas Permainan untuk Pembentukkan Karakter Kerjasama, Tanggung Jawab dan Kejujuran Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas

Rubiyatno, Rubiyatno (2013) Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Aktivitas Permainan untuk Pembentukkan Karakter Kerjasama, Tanggung Jawab dan Kejujuran Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rubiyatno-11711251024.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran penjas melalui aktivitas permainan bagi siswa sekolah dasar khususnya kelas atas yang terintegrasi dengan nilai-nilai karakter kerjasama, tanggung jawab dan kejujuran. Permainan-permainan yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan oleh guru penjas di sekolah dasar sebagai salah satu bentuk pembelajaran dalam membentuk karakter siswa melalui aktivitas bermain yang menyenangkan. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi di lapangan dan melakukan analisis terhadap informasi yang telah dikumpulkan, (2) mengembangkan produk awal (draf model), (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (5) uji coba lapangan skala besar dan revisi, dan (6) pembuatan produk final. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap siswa kelas 5 SD N Pantaran Kulon Progo yang berjumlah 14 anak dan uji coba skala besar dilakukan terhadap siswa kelas 4 dan 5 SD N 2 Kalipetir Pengasih Kulon Progo yang berjumlah 40 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) pedoman wawancara, (2) skala nilai, (3) pedoman observasi permainan, (4) pedoman observasi keefektifan permainan, dan (5) pedoman observasi terhadap guru pelaku uji coba. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa buku panduan aktivitas permainan untuk pembentukan karakter kerjasama, tanggung jawab dan kejujuran siswa sekolah dasar kelas atas, yang berisikan enam jenis permainan, yaitu: (1) permainan berburu kancil, (2) permainan perang bola, (3) permainan memasukan bola ke simpai, (4) permainan golku keranjangku, (5) permainan lempar tangkap, dan (6) permainan sentuh bola. Dari hasil penilaian para pakar dan guru, dapat ditarik kesimpulan bahwa permainan yang disusun sangat baik untuk menanamkan nilai-nilai karakter kerjasama, tanggung jawab dan kejujuran sehingga model pembelajaran melalui aktivitas permainan ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, pendidikan jasmani, aktivitas permainan, kerjasama, tanggung jawab, kejujuran, sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Olahraga
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2016 07:44
Last Modified: 29 Jan 2019 08:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30446

Actions (login required)

View Item View Item