Efektivitas Pelatihan Motivasi untuk Menurunkan Tingkat Stres Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Kelas VI SDN Tahunan Umbulharjo Yogyakarta

Habiby, Wahdan Najib (2013) Efektivitas Pelatihan Motivasi untuk Menurunkan Tingkat Stres Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Kelas VI SDN Tahunan Umbulharjo Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wahdan-najib-habiby-10712251019.swf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pelatihan motivasi dengan materi yang mengintegrasikan aspek kognitif, emosi, dan spiritual untuk menurunkan tingkat stres siswa kelas VI SDN Tahunan Umbulharjo dalam menghadapi ujian nasional. Penelitian kuantitatif dengan rancangan eksperimen semu ini menggunakan model two group pretest-posttest design. Pelatihan motivasi didesain melalui lima tahapan, yaitu training need assessment, training priorities, training design, training management, dan training evaluation. Pelatihan motivasi dilakukan di SDN Tahunan Umbulharjo Yogyakarta pada tanggal 28 April 2012, dengan populasi sebanyak 47 siswa. Jumlah sampel pada kelompok kontrol 22 siswa dan kelompok eksperimen sebanyak 25 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket tentang tingkat stres siswa yang dibagikan kepada siswa dan orangtua. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik parametrik paired samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan motivasi yang memberikan muatan materi pada aspek kognitif, emosi dan spiritual secara efektif mampu menurunkan tingkat stres siswa kelas VI SDN Tahunan Umbulharjo Yogyakarta dalam menghadapi ujian nasional. Kesimpulan tersebut diambil dengan merujuk pada hasil analisis statistik paired samples t-test, dimana diperoleh skor t sebesar 3,944 dengan df = 21, dan signifikansi sebesar 0,001. Skor rerata kondisi stres kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol sebesar 4,5 dengan perbedaan terendah keduanya 2,127 dan perbedaan tertinggi 6,873. Standar deviasi 5,352 dan mean standard errornya 1,141. Karena signifikansi hitung 0,001 < 0,05 maka hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: stres, Ujian Nasional SD, pelatihan motivasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2016 04:44
Last Modified: 29 Jan 2019 08:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30429

Actions (login required)

View Item View Item