Kemampuan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah Dasar di Kecamatan Detukeli, Kabupaten Ende

Dole, Ferdinandus Etuasius (2013) Kemampuan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah Dasar di Kecamatan Detukeli, Kabupaten Ende. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ferdinandus-etuasius-dole-11712251005.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pemahaman guru tentang KTSP, (2) kemampuan guru mengimplementasikan KTSP, dan (3) faktor penunjang dan faktor penghambat pelaksanaan KTSP pada sekolah dasar di Kecamatan Detukeli. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, sehingga semua guru yang menerapkan KTSP menjadi subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD di Kecamatan Detukeli yang berjumlah 116 guru. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket, yang divalidasi dengan teknik validasi logis dan validasi empirik dengan derajat kesalahan 5% dan reliabilitas 0,940. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi diskrepansi. Data diolah dengan teknik statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa (1) pemahaman guru tentang KTSP pada sekolah dasar di Kecamatan Detukeli, Kabupaten Ende masih rendah, dengan skor rata-rata tingkat pemahaman 2,462 (dalam skala lima). (2) Kemampuan guru mengimplementasikan KTSP yang terdiri atas: kemampuan dalam penyusunan silabus dan RPP masih rendah dengan skor rata-rata tingkat kemampuan 2,374. Kemampuan dalam pelaksanaan pembelajaran masih rendah, dengan skor rata-rata tingkat kemampuan 2,374. Kemampuan melaksanakan evaluasi kegiatan pembelajaran masih rendah, dengan skor rata-rata tingkat kemampuan 2,440. (3) Ketersediaannya faktor penunjang pelaksanaan KTSP kurang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: guru, KTSP, implementasi, diskrepansi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2016 06:45
Last Modified: 29 Jan 2019 08:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30383

Actions (login required)

View Item View Item