Husni, Mohammad Ali (2014) Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Teorema Pythagoras dengan Pendekatan Problem Posing dan Problem Solving Ditinjau dari Prestasi dan Curiosity Siswa terhadap Matematika Siswa Kelas VIII MTs NW Gunung Rajak, Sakra Barat, Lombok Timur Tahun 2013/2014. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-mohammad-ali-husni-12709259006.swf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keefektifan pembelajaran matematika dengan Pendekatan Problem Posing dan Problem Solving ditinjau dari prestasi dan curiosity siswa terhadap matematika, dan (2) membandingkan keefektifan pembelajaran matematika dengan Pendekatan Problem Posing dan Problem Solving ditinjau dari prestasi dan curiosity siswa terhadap matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII MTS NW Gunung Rajak yang berjumlah 90 orang siswa dan terbagi dalam tiga kelas, sedangkan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang ditentukan secara acak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes prestasi yang terdiri dari soal pretest dan posttest serta angket curiosity dengan koefisien reliabilitas r berturut-turut = 0,764; 0,722 dan 0,767. Standard Error of Measurement (SEM) pada masing- masing instrumen tes prestasi yang terdiri dari soal pretest dan posttest serta angket curiosity secara berturut-turut adalah 6,698; 1,973; 6,578. Teknik analisis data terdiri dari analisis secara deskriptif dan analisis inferensial. Analisis data inferensial meliputi: (1) one sample t-test yang digunakan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran Pendekatan Problem Posing dan Problem Solving pada masing-masing variabel yaitu prestasi belajar dan curiosity siswa; (2) analisis multivariat yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan keefektifan pembelajaran Pendekatan Problem Posing dan Problem Solving secara simultan pada kedua variabel dependen; (3) uji mancova untuk melihat pengaruh kedua pendekatan terhadap prestasi dan curiosity siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendekatan Problem Posing dan Problem Solving tidak efektif ditinjau dari prestasi dan curiosity siswa terhadap matematika, (2) Pendekatan Problem Solving tidak lebih efektif secara signifikan daripada Pendekatan Problem Posing ditinjau dari prestasi belajar siswa, dan (3) Pendekatan Problem Posing tidak lebih efektif secara signifikan daripada Pendekatan Problem Solving ditinjau dari curiosity siswa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Problem Posing, Pendekatan Problem Solving, prestasi dan curiosity siswa terhadap matematika |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 14 Mar 2016 07:20 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 08:04 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30318 |
Actions (login required)
View Item |