Efektivitas Penggunaan Media Visual terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD Gugus 01 Kecamatan Imogiri, Bantul

Surwantini, Eti (2015) Efektivitas Penggunaan Media Visual terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD Gugus 01 Kecamatan Imogiri, Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eti-surwantini-13712259009.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap: (1) perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media visual dan tanpa media visual, (2) efektivitas penggunaan media visual terhadap prestasi belajar, (3) perbedaan motivasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media visual dan tanpa media visual dan (4) efektivitas penggunaan media visual terhadap motivasi belajar pada pembelajaran tematik dengan tema kegiatan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu dengan sampel penelitiannya adalah siswa kelas III SD Lanteng Baru serta siswa kelas III SD Siluk Imogiri. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent pretest posttest control group design. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar dan skala motivasi belajar. Teknik analisis data dengan anova dan one sample t test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil akhir prestasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan p < 0.05 dan media visual terbukti efektif terhadap prestasi belajar. Tidak ada perbedaan yang signifikan pada skor akhir motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol karena p > 0.05 namun media visual lebih efektif daripada media konvensional terhadap motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media visual, motivasi belajar, dan prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Mar 2016 02:34
Last Modified: 09 May 2019 07:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30316

Actions (login required)

View Item View Item