Keefektifan Pembelajaran Matematika melalui Penggunaan Media Benda Konkret Siswa Kelas V SD Timuran Yagyakarta

Kristiani, Novi (2014) Keefektifan Pembelajaran Matematika melalui Penggunaan Media Benda Konkret Siswa Kelas V SD Timuran Yagyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-novi-kristiani- 12712259009.swf

Download (43MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran melalui penggunaan media benda konkret pada siswa kelas V SD Timuran Yogyakarta. Fokus penelitian adalah peningkatan nilai rata-rata ulangan harian, peningkatan persentase siswa yang mencapai KKM, dan respon siswa tentang tanggapan terhadap pembelajaran matematika. dengan menggunakan media benda konkret. Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas (PTK), yang terdiri atas dua siklus, yang setiap siklus mengikuti tahapan-tahapan Model Kemmis dan Taggart yang meliputi: perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Timuran Yogyakarta yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi yaitu mengamati proses pembelajaran matematika yang menggunakan media benda konkret, tes yang digunakan untuk mengukur pencapaian siswa setelah mempelajari pembelajaran matematika dan angket mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan media benda konkret. Kriteria keberhasilan penelitian diukur dari peningkatan setelah mencapai (1) nilai rata-rata kelas minimal 75, (2) minimal 75% siswa telah mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 75, dan (3) minimal 75% siswa memberikan respon terhadap pembelajaran dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media benda konkret dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran. Hal itu terbukti dari tercapainya semua kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian, diantaranya: (1) hasil tes menunjukkan peningkatkan nilai rata-rata kelas (2) persentase siswa yang mencapai nilai KKM yang ditetapkan sekolah meningkat, dan (3) respons siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan media benda konkret dalam kategori baik. Pada tes sebelum tindakan, nilai rata-rata 65,40 dan persentase siswa yang mencapai ketuntasan adalah 28%. Pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 81,40 dan persentase siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 68%, serta 98% siswa memberikan respon terhadap pembelajaran dalam kategori baik. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 88,32 dan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 92%, serta 100% siswa memberikan respons terhadap pembelajaran dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, pembelajaran matematika, media benda konkret
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2016 03:00
Last Modified: 29 Jan 2019 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30224

Actions (login required)

View Item View Item