Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi dengan Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Creative Thinking Siswa SMA Negeri 2 Bantul Pada Materi Ekosistem

Fikri, Achmad Fikri (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi dengan Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Creative Thinking Siswa SMA Negeri 2 Bantul Pada Materi Ekosistem. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-achmad-ali-fikri-13708251015.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran Biologi dengan model Guided Inquiry yang layak untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan creative thinking siswa pada proses pembelajaran materi ekosistem, dan (2) mengetahui pengaruh penggunaan perangkat pembelajaran model Guided Inquiry untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan creative thinking siswa SMA Negeri 2 Bantul. Produk yang dikembangkan berupa silabus, RPP, LKS, dan instrumen penilaian. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model Borg & Gall yang meliputi (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) penyusunan draft, (4) validasi produk dan revisi pertama, (5) validasi produk ke dua (6) uji coba terbatas, (7) revisi ke dua, (8) uji coba luas, (9) revisi produk akhir, dan (10) diseminasi. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli pendidikan biologi dan dua guru biologi SMA. Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas X MIA 4 SMA Negeri 2 Bantul. Uji coba diperluas dilaksanakan di kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, angket, dan tes tertulis. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa: (1) perangkat pembelajaran biologi dengan model Guided Inquiry yang layak digunakan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan creative thinking siswa pada proses pembelajaran materi ekosistem, dan (2) pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran model Guided Inquiry berpengaruh terhadap peningkatan rasa ingin tahu dan creative thinking siswa SMA Negeri 2 Bantul.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, model Guided Inquiry, rasa ingin tahu, creative thinking
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2016 09:21
Last Modified: 29 Jan 2019 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30185

Actions (login required)

View Item View Item