Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Penggunaan Modul Pembelajaran Pada Prodi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Minat Kesehatan Ibu Dan Anak- Kesehatan Reproduksi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Kurniawati, Antini (2015) Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Penggunaan Modul Pembelajaran Pada Prodi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Minat Kesehatan Ibu Dan Anak- Kesehatan Reproduksi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-antini-kurniawati-06703254018.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran menggunakan modul, meliputi: (1) kesesuaian modul dengan kebutuhan dan lingkungan belajar mahasiswa; (2). kesesuaian komponen modul yang dikembangkan; (3) motivasi dan kemandirian belajar mahasiswa; (4) interaksi dengan fasilitator dan kelompok; (5) kesesuaian kompetensi fasilitator dengan topik modul; (6) kesesuaian sarana dan prasarana yang disediakan dalam mendukung pembelajaran; (7) pencapaian kompetensi mahasiswa; dan (8) hambatan-hambatan dalam pembelajaran. Penelitian evaluatif ini menggunakan pendekatan CIPP terhadap seluruh mahasiswa Minat Kesehatan Ibu dan Anak-Kesehatan Reproduksi angkatan 2012 dan 2013 sebanyak 60 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, chek list dan wawancara mendalam.Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data konteks, input, proses dan produk.Chek list digunakan untuk mengumpulkan data kelengkapan modul dan daftar nilai mahasiswa. Wawancara mendalam dilaksanakan untuk menggali data tentang permasalahan yang ditemukan di lapangan. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kunatitatif dan kualitatif. Kesimpulan penelitian adalah sebagai berikut: 1). Konteks: modul yang dikembangkan pada kategori memuaskan karena sesuai dengan kebutuhan mahasiswa; 2). Input: a) modul yang dikembangkan pada kategori memuaskan karena memiliki komponen yang lengkap; b) penggunaan modul menumbuhkan motivasi dan kemandirian belajar pada kategori kurang memuaskan; c) kompetensi fasilitator pada kategori memuaskan karena sesuai dengan topik modul namun kesediaan memfasilitasi mahasiswa pada kategori kurang memuaskan; d) kelengkapan sarana dan prasarana pembelajaran pada kategori memuaskan; 3). Proses: a) keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran dengan modul pada kategori memuaskan; b) penyelesaian modul pada kategori kurang memuaskan karena tidak sesuai dengan alokasi waktu yang diberikan; 4). Produk: Pencapaian kompetensi mahasiswa pada kategori kurang memuaskan; 5). Hambatan yang dihadapi mahasiswa adalah kurang menguasai bahasa Inggris, jarak waktu pemberian modul dengan penyelesaian latihan terlalu dekat, dan sebagian fasilitator kurang menguasai materi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, pembelajaran menggunakan modul, kepuasan mahasiswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2016 07:08
Last Modified: 29 Jan 2019 08:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30043

Actions (login required)

View Item View Item