Hubungan Kompetensi Guru SD Dalam Mendiagnosis Kesulitan Belajar Siswa, Memanfaatkan Media Belajar dan Mengelola Kelas dengan Hasil Belajar Siswa di Kec. Kota Tambolaka, Kab.Sumba Barat Daya, NTT

Pingge, Heronimus Delu (2015) Hubungan Kompetensi Guru SD Dalam Mendiagnosis Kesulitan Belajar Siswa, Memanfaatkan Media Belajar dan Mengelola Kelas dengan Hasil Belajar Siswa di Kec. Kota Tambolaka, Kab.Sumba Barat Daya, NTT. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-heronimus-delu-pingge-13712251057.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kompetensi guru sekolah dasar dalam mendiagnosis kesulitan belajar siswa dengan hasil belajar siswa, (2) hubungan kompetensi guru sekolah dasar dalam memanfaatkan media belajar dengan hasil belajar siswa, (3) hubungan kompetensi guru sekolah dasar dalam mengelola kelas dengan hasil belajar siswa, (4) hubungan kompetensi guru sekolah dasar dalam mendiagnosis kesulitan belajar siswa, memanfaatkan media belajar dan mengelola kelas dengan hasil belajar siswa di kecamatan Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah 241 orang guru. Sampel sejumlah 148 orang dengan teknik quota sampling.. Pengumpulan data menggunakan metode kuisioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik regresi linear sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara kompetensi guru sekolah dasar dalam mendiagnosis kesulitan belajar siswa dengan hasil belajar siswa (p<0,05; R2: 24,8%,); (2) Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara kompetensi guru sekolah dasar dalam memanfaatkan media belajar dengan hasil belajar siswa (p<0,05; R2: 20,1%); (3) Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara kompetensi guru sekolah dasar dalam mengelola kelas dengan hasil belajar siswa (p<0,05; R2: 24,6%); dan (4) Hasil analisis regresi linear ganda menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara kompetensi guru sekolah dasar dalam mendiagnosis kesulitan belajar siswa, memanfaatkan media belajar dan mengelola kelas dengan hasil belajar siswa (p<0,05; R2: 46,5%).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: diagnosis kesulitan belajar, media belajar, mengelola kelas, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2016 07:00
Last Modified: 29 Jan 2019 08:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29917

Actions (login required)

View Item View Item