Hubungan Minat Belajar, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Belajar dengan Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah IPA Kelas V SD Negeri Se-Gugus 3 Depok

Widiyono, Aan (2015) Hubungan Minat Belajar, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Belajar dengan Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah IPA Kelas V SD Negeri Se-Gugus 3 Depok. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aan-widoyono-13712251035.swf

Download (93MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat belajar, disiplin belajar, dan lingkungan belajar dengan keterampilan proses dan sikap ilmiah IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost-facto dengan melibatkan tiga variabel bebas yang terdiri (minat belajar, disiplin belajar, dan lingkungan belajar) dan dua variabel terikat (keterampilan proses IPA dan sikap ilmiah IPA). Populasi penelitian adalah seluruh kelas V SDN Se-Gugus 3 Depok-Sleman berjumlah 163 siswa dengan sampel 115 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Instrumen yang digunakan berbentuk angket. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, korelasi product moment, analisis regresi tunggal, analisis regresi ganda, dan analisis korelasi kanonik. Pengujian dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 19. Hasil analisis dekriptif menunjukkan bahwa minat belajar, lingkungan belajar, dan sikap ilmiah dalam kategori baik, sedangkan disiplin belajar dan keterampilan proses IPA dalam kategori cukup baik. Hasil regresi menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara: 1) minat belajar dengan keterampilan proses IPA (nilai r 0,668); 2) disiplin belajar dengan keterampilan proses IPA (nilai r 0,750); 3) lingkungan belajar dengan keterampilan proses IPA (nilai r 0,688); 4) minat belajar dengan sikap ilmiah IPA (nilai r 0,745); 5) disiplin belajar dengan sikap ilmiah IPA (nilai r 0,848); 6) lingkungan belajar dengan sikap ilmiah IPA (nilai r 0,774). Hasil regresi ganda menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara: 1) minat belajar, disiplin belajar, dan lingkungan belajar dengan keterampilan proses IPA (nilai r 0,772); 2) minat belajar, disiplin belajar, dan lingkungan belajar dengan sikap ilmiah IPA (nilai r 0,870). Hasil korelasi kanonik menunjukkan bahwa minat belajar, disiplin belajar, dan lingkungan belajar mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan keterampilan proses dan sikap ilmiah IPA (nilai kanonik loading > 0,5 dengan X1=0,857, X2=0,974, X3=0,889, Y1=0,882, Y2=0,995).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, disiplin belajar, lingkungan belajar, keterampilan proses IPA, dan sikap ilmiah IPA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2016 05:11
Last Modified: 29 Jan 2019 08:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29916

Actions (login required)

View Item View Item