Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Katolik Sekecamatan Ende Tengah Kabupaten Ende

Henakin, Stefanus tebajak (2016) Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Katolik Sekecamatan Ende Tengah Kabupaten Ende. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-stefanus-tebajak-henakin-11712251010.swf

Download (56MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) kompetensi pedagogik guru Bahasa Indonesia kelas IV, (2) kompetensi profesional guru Bahasa Indonesia kelas IV pada Sekolah Dasar Katolik Sekecamatan Ende Tengah Kabupaten Ende. Kompetensi pedagogik berkaitan dengan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, sedangkan kompetensi profesional berkaitan dengan kemampuan guru dalam penguasaan materi dan tugas-tugas keguruan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Katolik Sekecamatan Ende Tengah pada tanggal 10 April sampai dengan 31 Mei 2013. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia, kepala sekolah, dan siswa kelas IV. Objek penelitian ini adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru Bahasa Indonesia kelas IV pada sekolah dasar katolik di kecamatan Ende Tengah tergolong baik. Kompetensi pedagogik yang telah dikuasai oleh guru meliputi kemampuan guru dalam menguasai karakteristik peserta didik, kemampuan guru dalam mengembangkan kurikulum, kemampuan guru dalam menyelenggarakan pembelajaran, kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, kemampuan guru dalam memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik, kemampuan guru dalam berkomunikasi secara efektif, simpatik, dan santun dengan peserta didik, kemampuan guru dalam menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, kemampuan guru dalam memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi, dan kemampuan guru dalam melakukan tindakan reflektif. Kompetensi profesional yang telah dikuasai oleh guru meliputi kemampuan guru dalam menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan, kemampuan guru dalam menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar bahasa Indonesia, kemampuan guru dalam mengembangkan materi pembelajaran bahasa Indonesia secara kreatif, dan kemampuan guru dalam mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: guru, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Jan 2016 20:21
Last Modified: 09 May 2019 07:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29407

Actions (login required)

View Item View Item