PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS OUTBOUND GUNA PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI DAN PENCAPAIAN KERJASAMA PESERTA DIDIK KELAS X MAN YOGYAKARTA II

Sari, Gestania Lindra (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS OUTBOUND GUNA PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI DAN PENCAPAIAN KERJASAMA PESERTA DIDIK KELAS X MAN YOGYAKARTA II. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis outbound yang layak untuk pembelajaran guna peningkatan penguasaan materi dan pencapaian kerjasama. (2) Meningkatkan penguasaan materi fisika peserta didik MAN Yogyakarta II yang mengikuti pembelajaran fisika berbasis outbound. (3) Mengetahui capaian kerjasama peserta didik MAN Yogyakarta II yang mengikuti pembelajaran fisika berbasis outbound. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan 4D Models. Tahap Define, merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap Design, dilakukan dengan cara mengembangkan rancangan awal perangkat pembelajaran berbasis outbound. Tahap Develop, validasi draft produk oleh validator–revisi, ujicoba1–revisi, dan ujicoba2–revisi. Tahap Desiminate, penyebarluasan perangkat pembelajaran hasil pengembangan ke guru MAN Yogyakarta II. Data penelitian dijaring melalui angket, observasi, dan tes. Validitas instrumen menggunakan Content Validity Index, reliabilitas perangkat pembelajaran menggunakan Precentage Agreement. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan Interjudge Agreement dan peningkatan pengguasaan materi menggunakan Standar Gain. Hasil penelitian ini adalah (1) Perangkat pembelajaran fisika materi gerak melingkar beraturan berbasis outbound layak digunakan untuk pembelajaran guna peningkatan penguasaan materi dan pencapaian kerjasama. (2) Peningkatan penguasaan materi gerak melingkar beraturan peserta didik dalam kategori tinggi 16%, sedang 52%, rendah 32%. (3) Pencapaian kerjasama dengan kriteria sangat baik 56% dan baik 44% dari keseluruhan peserta didik. Kata kunci: perangkat pembelajaran, outbound, gerak melingkar beraturan, kerjasama

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 28 Jan 2016 01:45
Last Modified: 01 Feb 2019 02:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29349

Actions (login required)

View Item View Item