Penerapan Media Video Tutorial Dengan Pemanfaatan Software Camtasia Dalam Pembelajaran Fungsi Sederhana Microsoft Excel Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Sehingga Berdampak Pada Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di Mts Negeri 1 Winong

Habit, Nursila (2016) Penerapan Media Video Tutorial Dengan Pemanfaatan Software Camtasia Dalam Pembelajaran Fungsi Sederhana Microsoft Excel Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Sehingga Berdampak Pada Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di Mts Negeri 1 Winong. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
HABIT NURSILA_09520244073.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penerapan Media Video Tutorial Dengan Pemanfaatan Software Camtasia Dalam Pembelajaran Fungsi Sederhana Microsoft Excel Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Sehingga Berdampak Pada Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di Mts Negeri 1 Winong Oleh Habit Nursila NIM. 09520244073 Aktivitas dan hasil belajar TIK siswa kelas VIII A MTs Negeri 1 Winong masih rendah. Hal itu disebabkan oleh minimnya pemanfaatan media dalam pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya perbaikan dalam pembelajaran TIK, salah satunya dengan menggunakan media video tutorial dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar TIK siswa kelas VIII A MTs Negeri 1 Winong melalui penggunaan media video tutorial dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII A MTs Negeri 1 Winong. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Penelitian ini terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Validasi data yang digunakan yaitu teknik saturation. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video tutorial dapat meningkatkan aktivitas belajar sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar TIK siswa kelas VIII A MTs Negeri 1 Winong. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa pada tiap siklusnya. Pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa yang diperoleh yaitu sebesar 76,38 dan Pada siklus II persentase aktivitas belajar siswa yang diperoleh yaitu sebesar 82,40%. Peningkatan hasil belajar juga dapat dilihat dari nilai tes siswa yang mencapai ketuntasan. Pada siklus I persentase hasil belajar siswa sebesar 83,33%, dan Pada siklus II persentase pemhaman belajar siswa sebesar 91,66%. Dengan demikian, penggunaan media video torial dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK pada sub bab fungsi sederhana microsoft excel kelas VIII A MTs Negeri 1 Winong. Kata kunci: Video Tutorial, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 27 Jan 2016 01:30
Last Modified: 30 Jan 2019 06:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29303

Actions (login required)

View Item View Item