EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN TRAINER HUMAN MACHINE INTERFACE UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PERAKITAN SISTEM PLC SMK N 2 DEPOK

Febriyanto, Febriyanto (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN TRAINER HUMAN MACHINE INTERFACE UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PERAKITAN SISTEM PLC SMK N 2 DEPOK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Febriyanto11501241037.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN TRAINER HUMAN MACHINE INTERFACE UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PERAKITAN SISTEM PLC SMK N 2 DEPOK Oleh: Febriyanto NIM. 11501241037 ABSTRAK Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) gambaran penggunaan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Trainer Human Machine Interface untuk meningkatkan kompetensi merakit sistem PLC, (2) perbedaan hasil kompetensi merakit sistem PLC antara pembelajaran berbasis masalah berbantuan Trainer Human Machine Interface dan pembelajaran konvensional, serta (3) efektivitas pembelajaran berbasis masalah berbantuan Trainer Human Machine Interface untuk meningkatkan kompetensi merakit sistem PLC. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII Program Keahlian Otomasi Industri di SMKN 2 Depok berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Instrumen tes digunakan untuk mengukur kompetensi ranah kognitif sedangkan lembar observasi untuk mengukur kompetensi ranah afektif dan psikomotor. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji Mann-Whitney, dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) semua siswa (100%) hasil belajar ranah kognitif dan afektif termasuk dalam kategori sangat baik, sedangkan ranah psikomotorik sebagian besar (93,33%) termasuk dalam kategori sangat baik dan sebagian kecil (6,67%) termasuk kategori baik, (2) terdapat perbedaan kompetensi antara siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Trainer Human Machine Interface dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan nilai Sig.hitung sebesar 0,45 pada ranah kognitif; 0,45 pada ranah kognitif; dan 0,003 pada ranah psikomotorik lebih kecil dari pada Sig.penelitian sebesar 0,050, (3) terdapat efektivitas penggunaan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Trainer Human Machine Interface dalam meningkatkan kompetensi merakit sistem PLC dengan rerata standart gain kelas eksperimen sebesar 0,73 pada ranah kognitif; 0,59 pada ranah afektif; dan 0,56 pada ranah psikomotorik lebih besar daripada rerata standart gain kelas kontrol yang sebesar 0,54 pada ranah kognitif; 0,31 pada ranah afektif; dan 0,16 pada ranah psikomotorik. Kata kunci: kompetensi, hasil belajar, merakit sistem PLC, pembelajaran berbasis masalah, trainer Human Machine Interface.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Jan 2016 02:16
Last Modified: 30 Jan 2019 06:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29214

Actions (login required)

View Item View Item