Pengaruh Model Collaborative Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD Se-gugus 01 Banguntapan Bantul

Subekti, Sunja pipin (2015) Pengaruh Model Collaborative Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD Se-gugus 01 Banguntapan Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sunja-pipin-subekti-13712251073.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model collaborative learning terhadap: (1) kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis; (2) kemampuan pemecahan masalah matematis; dan (3) kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V SD se-gugus 01 Banguntapan, Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Se-gugus 01 Banguntapan Bantul tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 7 SD. Pengambilan sampel menggunakan teknik Two Stage Cluster Random Sampling, artinya pengambilan sampel secara berkelompok melalui 2 tahap. Dari populasi yang ada diambil 2 kelompok sebagai sampel, yaitu kelompok eksperimen yang menerapkan model collaborative learning dan kelompok kontrol yang menerapkan pembelajaran ekspositori. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VB SDN Tamanan dan kelas VA SDN Sampangan, sedangkan kelas yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah kelas VA SDN Singosaren. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes pilihan ganda untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis. Data dianalisis menggunakan uji MANOVA dengan rumus T2 Hotelling, uji lanjut dengan kriteria Bonferroni dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan penerapan model collaborative learning terhadap: (1) kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis, (2) kemampuan pemecahan masalah matematis, dan (3) kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V SD se-gugus 01 Banguntapan, Bantul. Selain itu, penerapan model collaborative learning efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan komunikasi matematis siswa. Penerapan model collaborative learning memberi pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa kelas V SD se-gugus 01 Banguntapan, Bantul.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model collaborative learning, kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan komunikasi matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Dec 2015 02:42
Last Modified: 09 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28814

Actions (login required)

View Item View Item