PENGARUH METODE VAKT (VISUAL, AUDITORY, KINESTETHIC, TACTILE) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK AUTIS KELAS II DI SEKOLAH AUTIS HIPERAKTIF PUTRA HARAPAN BUNDA

Alifstanisa, Taniar (2015) PENGARUH METODE VAKT (VISUAL, AUDITORY, KINESTETHIC, TACTILE) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK AUTIS KELAS II DI SEKOLAH AUTIS HIPERAKTIF PUTRA HARAPAN BUNDA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
ALIFSTANISA TANIAR_11103244030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode VAKT terhadap keterampilan menulis permulaan anak autis kelas II di Sekolah Autis Hiperaktif Putra Harapan Bunda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan yaitu A-B-A’. Subjek penelitian merupakan seorang anak autis kelas II Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes unjuk kerja dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes unjuk kerja dan panduan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dalam kondisi dan analisis antar kondisi yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode VAKT berpengaruh terhadap keterampilan menulis permulaan pada anak autis. Hal ini dikarenakan pada proses pelaksanaan pembelajarannya, anak autis dapat belajar secara nyata mengenai bentuk huruf dan pengucapannya melalui indera pengelihatan, pendengaran, gerakan dan perabaan, sehingga memudahkan anak untuk belajar menulis. Pengaruh metode VAKT ditunjukkan dengan persentase ketercapaian tes unjuk kerja yang dilakukan oleh subjek mengalami perubahan ke arah positif (meningkat) setelah diberikan treatment berupa metode VAKT. Persentase ketercapaian tersebut menunjukkan adanya perubahan level yang terjadi pada perbandingan antar kondisi intervensi dengan baseline-1 (B/A) sebesar 15% yaitu dari 55% menjadi 70%, dan perbandingan antar kondisi baseline-2 dengan intervensi (A’/B) sebesar 30% yaitu dari 70% menjadi 100%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 07 Dec 2015 09:27
Last Modified: 30 Jan 2019 05:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28680

Actions (login required)

View Item View Item