EFEKTIVITAS PERMAINAN BUBUR KERTAS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS III DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

Tri, Haryanti (2015) EFEKTIVITAS PERMAINAN BUBUR KERTAS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS III DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TRI HARYANTI_11103241055.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan permainan bubur kertas terhadap peningkatan kemampuan motorik halus siswa tunagrahita kategori sedang kelas III di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pembina Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, jenis penelitian single subject research (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain A-B-A. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan statistik deskriptif kemudian dianalisis berdasarkan analisis dalam kondisi dan antar kondisi dengan penyajian data melalui grafik garis. Hasil penelitian membuktikan bahwa permainan bubur kertas efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak tunagrahita kategori sedang kelas III di SLB N Pembina Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan karena adanya peningkatan persentase mean level dari baseline (A1) ke baseline (A2). Persentase mean level pada baseline (A1) yaitu 58% dan pada baseline (A2) menjadi 88%. Berdasarkan hasil tersebut berarti terjadi peningkatan dari baseline (A1) ke baseline (A2) sebesar 30%. Peningkatan tersebut terjadi setelah diterapkannya permainan bubur kertas yang terdapat gerakan meremas, menjimpit, mengambil, dan menempel. Meningkatnya mean level tersebut menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus siswa tunagrahita kategori sedang kelas III. Efektivitas permainan bubur kertas terhadap kemampuan motorik halus , ditunjukkan pula dengan tidak adanya data yang overlap (tumpang tindih) antara baseline (A1) dengan intervensi dan intervensi dengan baseline (A2). Hal tersebut menunjukkan baiknya pengaruh intervensi terhadap target behavior (perilaku sasaran).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 16 Nov 2015 02:44
Last Modified: 30 Jan 2019 05:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28225

Actions (login required)

View Item View Item