PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR TULISAN LABEL BUNGKUS MAKANAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA FUNGSIONAL PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS VI SD DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

Marcellinus Bayu, Putra Handaru (2015) PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR TULISAN LABEL BUNGKUS MAKANAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA FUNGSIONAL PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS VI SD DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
MARCELLINUS BAYU PUTRA HANDARU_11103241041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan sumber belajar label bungkus makanan terhadap kemampuan membaca fungsional pada anak tunagrahita kategori sedang kelas VI SD di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Penelitian yang dilaksanakan merupakan Single Subjects Research (SSR). Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan membaca fungsional dan instrument observasi. Metode penelitian subjek tunggal yang digunakan yaitu desain A-B-A. Subjek penelitian merupakan siswa tunagrahita kategori sedang kelas VI di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber belajar label bungkus makanan efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca fungsional anak tunagrahita kategori sedang kelas VI di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Hal ini ditandai dengan adanya penurunan frekuensi kesalahan dan peningkatan persentase keberhasilan subjek dalam melakukan tes membaca fungsional pada fase intervensi dan Baseline (A2). Hasil analisis data pada analisis dalam kondisi terdapat kecenderungan arah yang meningkat pada fase intervensi dan baseline (A2). Pada perubahan level menunjukkan perubahan yang membaik pada fase intervensi (+1) dan baseline (A2) (0). Analisis antar kondisi pada komponen perubahan level menunjukkan perbaikan di fase intervensi dan baseline (A2) dibandingkan dengan baseline (A1). Perubahan level fase intervensi dibandingkan fase baseline (A1) yaitu (0), sedangkan perubahan level baseline (A2) dibandingkan baseline (A1) yaitu (-13).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 30 Oct 2015 09:34
Last Modified: 30 Jan 2019 05:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27832

Actions (login required)

View Item View Item