Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar IPA melalui Metode Inkuiri dalam Pembelajaran Tematik Integratif pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Belik Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul

Cahyono, Tri Agus (2015) Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar IPA melalui Metode Inkuiri dalam Pembelajaran Tematik Integratif pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Belik Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tri-agus-cahyono-13712259007.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dan (2) meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Belik Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul melalui metode inkuiri dalam pembelajaran tematik integratif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan materi pembelajaran memahami sifat-sifat cahaya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: angket motivasi belajar IPA, lembar observasi penilaian prestasi belajar aspek sikap spiritual, sikap sosial dan keterampilan, soal tes prestasi belajar aspek pengetahuan, serta lembar observasi pelaksanaan pembelajaran metode inkuiri dan pembelajaran tematik integratif. Data angket dan hasil observasi dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Tes aspek pengetahuan dianalisis dengan menghitung skor rata-rata hasil tes setiap siklus. Setiap siklus terdiri atas 3 tahap, yaitu rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Jenis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan metode inkuiri pada pembelajaran muatan IPA yang tersaji secara tematik integratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran tematik integratif dapat meningkatkan motivasi belajar IPA peserta didik dengan perolehan skor rata-rata pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 79,83 dan 86,78; (2) penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran tematik integratif dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada aspek sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata sikap spiritual pada siklus I dan II berturut-turut adalah 14,67 dan 15,78, pada aspek sikap sosial ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 16,75 dan 18,11, pada aspek pengetahuan ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah sebesar 53,33 dan 64,33, pada aspek keterampilan ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah sebesar 27,44 dan 29,00. Dengan demikian, penerapan metode inkuiri pada pembelajaran tematik integratif dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPA peserta didik Kelas IV SD Negeri Belik Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, prestasi belajar, metode inkuiri, pembelajaran tematik integratif.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Oct 2015 05:21
Last Modified: 09 May 2019 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27754

Actions (login required)

View Item View Item