Pemberdayaan Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SDN 3 Pancor Kabupaten Lombok Timur

Hamdi, Zulhadi (2015) Pemberdayaan Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SDN 3 Pancor Kabupaten Lombok Timur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-zulfadli-hamdi-13712251053.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendalami: (a) dinamika peran dan fungsi Komite Sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SDN 3 Pancor, (b) peran dan fungsi Komite Sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SDN 3 Pancor, (c) faktor pendukung dan penghambat Komite Sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SDN 3 Pancor, dan (d) bentuk pemberdayaan komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SDN 3 Pancor. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru, dan komite sekolah, dan orang tua siswa di SDN 3 Pancor. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif secara interaktif diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika komite sekolah yang terjadi bahwa pemberdayaan komite sekolah di SDN 3 Pancor belum maksimal. Komite sekolah telah menjalankan empat perannya namun tidak berjalan dengan efektif sehingga perlu ditingkatkan. Faktor pendukung peran komite sekolah adalah (a) adanya komitmen yang tinggi dari komite sekolah untuk membantu sekolah; (b) dukungan dana, ide, tenaga, dan fasilitas yang memadai; (c) terjalinnya komunikasi dan koordinasi yang baik; (d) latar belakang pendidikan anggota komite sekolah; dan (e) kepala sekolah yang selalu proaktif. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan peran dan tugas komite sekolah kurangnya dukungan anggaran dari komite sekolah sehingga mempengaruhi kinerja komite sekolah dan faktor kesibukan pengurus komite sekolah dan waktu pertemuan yang terbatas, serta Komite sekolah SDN 3 Pancor belum sepenuhnya diberdayakan oleh kepala sekolah, selama ini upaya sekolah dalam memberdayakan komite sekolah hanya sebatas diskusi yang sifatnya insidental.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan, komite sekolah, mutu pendidikan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Oct 2015 08:42
Last Modified: 09 May 2019 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27269

Actions (login required)

View Item View Item