Sugiarto, Tikawati (2015) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN AKOR PADA ANAK TUNAGRAHITA DENGAN METODE KODALY DALAM EKSTRAKURIKULER BAND DI SLB N 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only until 2030. Download (117MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan upaya peningkatan pembelajaran akor pada anak tunagrahita dengan metode Kodaly dalam ekstrakurikuler band di SLB N 1 Yogyakarta. Penggunaan metode Kodaly dimaksudkan untuk mempermudah siswa dalam perpindahan akor lagu dengan melihat simbol akor yang sedang dimainkan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dalam tiga pertemuan yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini melibatkan 5 peserta didik dan seorang guru sebagai kolaborator. Instrumen yang digunakan berupa tes praktik bermain alat musik secara bersama-sama. Penilaian berpedoman pada instrumen penelitian yang sudah mendapatkan validasi dari validator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Kodaly dapat meningkatkan pembelajaran akor pada anak tunagrahita. Kesimpulan tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata yang dicapai siswa, yaitu perolehan nilai pada pra siklus sebesar 60, kemudian meningkat menjadi 70 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 84 pada siklus II. Dari hasil rata-rata nilai tersebut dapat dikatakan bahwa metode Kodaly dapat meningkatkan pembelajaran akor pada anak tunagrahita dalam ekstrakurikuler band di SLB N 1 Yogyakarta
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode Kodaly, peningkatan pembelajaran akor, tunagrahita |
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Musik |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Musik FBS |
Date Deposited: | 19 Oct 2015 02:50 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 04:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27150 |
Actions (login required)
View Item |