PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BINA KOMUNIKASI PERSEPSI BUNYI DAN IRAMA (BKPBI) PADA KELAS TAMAN 1 DI SLB B KARNNAMANOHARA YOGYAKARTA

Krisnawati, Dyah Ayu (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BINA KOMUNIKASI PERSEPSI BUNYI DAN IRAMA (BKPBI) PADA KELAS TAMAN 1 DI SLB B KARNNAMANOHARA YOGYAKARTA. S1 thesis, FIP.

[img] Text
08103241026_DYAH AYU KRISNAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama (BKPBI) tentang tahap deteksi bunyi pada kelas Taman 1 di SLB B Karnnamanohara Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripstif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa tunarungu kelas Taman 1 SLB B Karnnamanohara Yogyakarta yang berjumlah 14 orang siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah tehnik analisis deskriptif. Pelaksanaan pembelajaran Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama meliputi proses persiapan, kegiatan inti dan evaluasi pembelajaran. Persiapan pembelajaran meliputi menyiapkan materi meliputi merespon bunyi, merespon bunyi menggunakan ucapan, merespon bunyi menggunakan tulisan dan merespon bunyi menggunakan ucapan kemudian menuliskannya. Alat peraga yang digunakan adalah tambur dan kartu bunyi. Metode yang digunakan yaitu demonstrasi dan tanya jawab. Pada kegiatan inti, guru menyampaikan materi pembelajaran BKPBI. Pelaksanaan evaluasi dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung dan pada akhir pembelajaran. Adapun bentuk evaluasi yang diberikan yaitu tes perbuatan, unjuk kerja, tes lisan dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mendeteksi bunyi pada pelajaran BKPBI baik. Pada materi pertama 100% siswa mendapat nilai baik. Pada materi kedua kemampuan siswa 43% baik, 43% cukup dan 14% kurang. Pada materi ketiga kemampuan siswa 64% baik, 22% cukup dan 14% kurang. Pada materi keempat kemampuan siswa 43% baik, 43% cukup dan 14% kurang. Siswa dikatakan mendapat nilai baik jika menguasai 71% materi, cukup jika menguasai 41%-70% dan kurang jika menguasai kurang dari 40%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 15 Oct 2015 07:43
Last Modified: 30 Jan 2019 03:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26932

Actions (login required)

View Item View Item