Pengaruh Penggunaan Metode Inkuiri terhadap Self-Esteem dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI di Gugus Saturnus Kecamatan Paguyangan

Rakhmawati, Syafrina (2015) Pengaruh Penggunaan Metode Inkuiri terhadap Self-Esteem dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI di Gugus Saturnus Kecamatan Paguyangan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-syafrina-rakhmawati-13712259003.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode inkuiri terhadap: (1) self-esteem, (2) prestasi belajar matematika dan (3) self-esteem dan prestasi belajar matematika siswa kelas VI SD di gugus Saturnus Kecamatan Paguyangan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VI di gugus Saturnus Kecamatan Paguyangan dengan sampel kelas VIA, VIB SDN Ragatunjung 02 dan kelas VI SDN Pakujati 01, yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala self-esteem dan tes prestasi belajar matematika siswa. Bukti validitas menggunakan teknik expert judgement dan uji butir soal. Estimasi reliabilitas menggunakan Cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent t test dan uji Manova dengan taraf signifikansi 0,05. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh positif signifikan penggunaan metode inkuiri terhadap self-esteem siswa. Hasil uji independent t test pada skor posttest self-esteem antara kelompok kontrol, eksperimen I, dan eksperimen II menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,05. (2) Terdapat pengaruh positif signifikan penggunaan metode inkuiri terhadap prestasi belajar siswa. Hasil uji independent t test pada skor posttest prestasi belajar antara kelompok kontrol, eksperimen I, dan eksperimen II menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,038 dan 0,032 kurang dari 0,05. (3) Terdapat pengaruh positif signifikan penggunaan metode inkuiri terhadap self- esteem dan prestasi belajar siswa secara bersama-sama. Hasil uji Manova pada skor posttest self-esteem dan prestasi belajar siswa menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji statistik Pilai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace dan Roy’s sebesar 0,000 kurang dari 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode inkusiri, self-esteem, prestasi belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Oct 2015 07:43
Last Modified: 09 May 2019 03:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26930

Actions (login required)

View Item View Item