HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 BANTUL

Danik Ratri Wulandari, Danik (2015) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Jurusan Pendidikan Administrasi.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full-Danik Ratri Wulandari-11402241002.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara: (1) lingkungan belajar dengan prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran, (2) minat belajar dengan prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran, dan (3) lingkungan belajar dan minat belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 30 siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pengasih. Responden penelitian adalah seluruh siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Bantul tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 65 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) ada hubungan positif dan signifikan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran yang ditunjukkan dengan nilai rx1y sebesar 0,620 dan thitung 6,275 > ttabel 1,998; (2) ada hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran yang ditunjukkan dengan nilai rx2y sebesar 0,607 dan dan thitung 6,058 > ttabel 1,998; dan (3) ada hubungan positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan minat belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar Pengantar Administrasi Perkantoran yang ditunjukkan dengan nilai Ry(1,2) sebesar 0,701 dan nilai Fhitung 29,914 > Ftabel 3,15. Kata kunci : prestasi belajar, lingkungan belajar, minat belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 13 Oct 2015 07:59
Last Modified: 30 Jan 2019 03:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26925

Actions (login required)

View Item View Item