PENGEMBANGAN KRATIFITAS SISWA MELALUI IMPLEMENTASI METODE PROYEK FOTOGRAFI PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI SMAN 1 SLEMAN

Susanti, - (2011) PENGEMBANGAN KRATIFITAS SISWA MELALUI IMPLEMENTASI METODE PROYEK FOTOGRAFI PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI SMAN 1 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN KRATIFITAS SISWA MELALUI IMPLEMENTASI METODE PROYEK FOTOGRAFI PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI SMAN 1 SLEMAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan kreativitas siswa melalui implementasi metode proyek fotografi pada mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Sleman. Perumusan tujuan dilatarbelakangi oleh adanya metode konvensional yang masih sering digunakan oleh para guru mata pelajaran sosiologi dalam menyampaikan pembelajaran yang ada. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan populasi siswa kelas XI IPSI SMAN 1 Slernan tahun ajaran 201012011 yang berjumlah 28 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian Kemmis dan Taggart yang membagi tindakan penelitian dalam beberapa siklus. Kelas yang dijadikan subjek penelitian merupakan kelas dari pilihan guru pada awal penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian soal tes, penugasan, observasi, wawancara, catatan lapangan serta dokumentasi kegiatan. Validitas instrumen dilakukan oleh pihak ahli (expert opinion). Pengambilan data dilakukan selama proses penelitian berlangsung dan dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif dan juga kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengembangkan kreativitas siswa melalui implementasi metode proyek fotografi mampu meningkatkan kreativitas yang dimiliki oleh para siswa. Peningkatan kreativitas diketahui dari lembar observasi, lembar wawancara, angket kreativitas, tes soal, dan juga penugasan. Berdasarkan lembar observasi dan penugasan yang dikerjakan setiap siklusnya, kemampuan siswa dalam berpikir dan bersikap kreatif mengalami peningkatan. Hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh siswa dan guru saat dilakukan wawancara, implementasi metode proyek mampu meningkatkan kreativitas siswa dan membantu siswa mengembangkan bakatnya. Berdasarkan tes soal, siswa telah memenuhi KKM yang ditetapkan oleh pihak sekolah selama implementasi metode proyek fotografi. Hasil angket kreativitas menunjukkan peningkatan pada setiap aspeknya, dan secara akumulatif peningkatan yang terjadi adalah siklus I sebesar 76% dengan kategori tinggi, siklus IT sebesar 78% dengan kategori tinggi, dan meningkat pada siklus m sebesar 80% dengan kategori sangat tinggi. Kata Kunci : Kreativitas, Metode Proyek, Fotografi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 06 Oct 2015 07:08
Last Modified: 30 Jan 2019 03:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26654

Actions (login required)

View Item View Item