Pridayani, A. Agung (2011) PELAKSANAAN MOVING CLASS SI SMA N 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
PELAKSANAAN MOVING CLASS SI SMA N 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010-2011.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penerapan sistem pembelajaran Moving Class adalah salah satu cara agar sekolah dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Moving Class ini juga merupakan salah satu prasyarat dari Sekolah Kategori Mandiri (SKM). Moving Class itu sendiri merupakan pembelajaran dimana siswa berpindah ruang setiap terjadi pergantian pelajaran dan kelas yang dituju merupakan kelas mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pelaksanaan Moving Class di SMA Negeri 7 Yogyakarta. 2) Mengatahui keIebihan dari Moving Class yang dilaksanakan di SMA Negeri 7 Y ogyakarta. 3) Mengetahui hambatan dari peJaksanaan Moving Class di SMA Negeri 7 Y ogyakarta Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah para siswa, guru, karyawan dan kepala sekolah SMA Negeri 7 Y ogyakarta. Cara pengambilan sampel adalah dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yang meliputi triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Milles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Moving Class di SMA Negeri 7 Y ogyakarta telah dirintis sebagai salah satu syarat dari SekoJah Kategori Mandiri sejak tahun ajaran 2007/2008, namun baru dilaksanakan pad a tahun ajaran 2008/2009. Segenap perangkat sekolah menjalankan fungsi dan tugasnya dalam rangka mendukung pelaksanaan Moving Class di sekolah terse but. Pada akhir semester diadakan evaluasi bagi setiap penanggung jawab dalam pengelola pelaksanaan Moving Class. Terdapat strategi pengelolaan Moving Class dalam bidang perpindahan peserta didik, ruang belajar mengajar, administrasi guru dan peserta didik, remidi dan pengayaan, serta penilaian. Pelaksanaan Moving Class ini memiliki kelebihan yaitu: interaksi siswa dengan siswa kelas lain yang terjadi setiap pergantian ruang, kenyamanan dan rasa tidak bosan terhadap suasana kelas, kebebasan menentukan tempat dan ternan duduk, serta sesuainya ruang kelas dengan mata pelajaran yang diikuti, Namun ada pula hambatan yang dialami dalam pelaksanaan Moving Class yaitu: harnbatan pelaksanaan Moving Class Iebih banyak pada waktu yang terpotong, dimana tidak adanya waktu siswa untuk berpindah ruang karena waktu perpindahan antar kelas sudah terrnasuk dalam satu jam pelajaran sehingga berdampak pada tidak efektifnya waktu penyampaian malcr] pdajaran, disarnping pula pada kelengkapan sarana prasarana penunjang Moving Class yang belum lengkap, belum ditata dan didesainnya ruang sesuai karakter mata pelajaran yang diikuti, terganggunya konsentrasi dalam kelas ketika ada siswa yang teriarnbat dan pcrgantian jam kclas lain saat kclas scdang bciaiar, serta sitat malas yang berujung pada bolos dalam mengikuti pelajaran serta orestasi siswa yang juga menzalami nenrunan. Kata Kunci: Movins Class, SMA Negeri 7 rogvakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sosiologi FIS |
Date Deposited: | 06 Oct 2015 06:53 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 03:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26651 |
Actions (login required)
View Item |