Pengembangan Program Aplikasi Sistem Kearsipan Untuk Sekolah

Saliman, M. Pd and Sutirman, - (2011) Pengembangan Program Aplikasi Sistem Kearsipan Untuk Sekolah. [Experiment/Research]

[img] Text
Laporan penelitian unggulan Saliman.doc

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program aplikasi sistem kearsipan untuk sekolah berbasis komputer untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi manajemen sekolah. Penelitian ini menggunakan model Research & Development (R & D). Tahapan yang dilakukan meliputi: analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba, revisi, dan implementasi produk. Tahap analisis kebutuhan, desain produk, dan pengembangan produk dilakukan pada tahu pertama. Tahap validasi ahli, uji coba, revisi, dan implementasi akan dilakukan pada tahun kedua. Berdasarkan penelitian tahap analisis keutuhan diketahui bahwa terdapat permasalahan yang dihadapi oleh sekolah dalam mengelola arsip dan dokumen sekolah. Masalah tersebut meliputi: 1) Fasilitas penyimpanan arsip dan dokumen tidak sebanding dengan jumlah arsip dan dokumen yang banyak dan selalu bertambah; 2) Belum ada sistem khusus yang diberlakukan dalam mengelola arsip dan dokumen sekolah; 3) Penataan dan penyimpanan arsip dan dokumen sekolah belum dikelola dengan profesional; 4) Tidak ada petugas memiliki keahlian khusus dalam bidang pengeloaan arsip dan dokumen. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi tersebut berhasil dibuat desain dan produk awal program aplikasi sistem kearsipan sekolah. Program aplikasi sistem kearsipan sekolah yang dibuat diberi nama Sistem Informasi Pengelolaan Surat dan Dokumen (SIPSDOK).

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Unggulan UNY 2011
Uncontrolled Keywords: arsip, dokumen, sekolah
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 21 Sep 2015 05:51
Last Modified: 21 Sep 2015 05:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26404

Actions (login required)

View Item View Item