KomparasiKeefektifan Pendekatan Saintifik dan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Ditinjau dariMotivasi Belajar Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo

Widiastuti, Karulina (2015) KomparasiKeefektifan Pendekatan Saintifik dan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Ditinjau dariMotivasi Belajar Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-karulina-widiastuti-13712251058.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan pendekatan Saintifik dan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) ditinjau dari motivasi belajar matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD di Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pretest posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sekolah dasar di Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo pada tahun 2014/2015 yang terakreditasi B. Sampel sejumlah 63 siswa dari SD Negeri Jurug (30 siswa) yang diberikan perlakuan berupa pendekatan Saintifik dan SD Muhammadiyah Mirisewu (33 siswa) yang diberikan perlakuan berupa pendekatan PMRI. Sampel ditentukan secara acak. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi angket motivasi belajar matematika siswa dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kriteria efektif ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa adalah rata-rata skor motivasi belajar matematika siswa mencapai kategori minimal baik dengan skor lebih dari 40, sedangkan kriteria efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika yaitu rata-rata nilai lebih dari 75. Untuk mengetahui keefektifan pendekatan Saintifik dan PMRI ditinjau dari masing-masing variabel terikat, data dianalisis secara univariat dengan analisis one sample t-test. Untuk mengetahui manakah yang lebih efektif antara pendekatan Saintifik dan PMRI ditinjau dari masing-masing variabel terikat, data dianalisis secara univariat dengan independent sample t-test. Hasil analisis data pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa: (1) pendekatan Saintifik efektif ditinjau dari motivasi belajar matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa; (2) pendekatan PMRI efektif ditinjau dari motivasi belajar matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa; (3) pendekatan Saintifik lebih efektif daripada pendekatan PMRI ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa; pendekatan PMRI lebih efektif daripada pendekatan Saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: saintifik, PMRI, motivasi belajar, pemecahan masalah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Sep 2015 07:26
Last Modified: 09 May 2019 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25763

Actions (login required)

View Item View Item