Peningkatan Motivasi Belajar dan Keterampilan Hitung Pecahan Desimal melalui Media Manipulatif pada Peserta Didik Kelas IV B SDN 15 Ulu Gadut pada Pembelajaran Tematik Integratif

Ristanti, Yuni (2015) Peningkatan Motivasi Belajar dan Keterampilan Hitung Pecahan Desimal melalui Media Manipulatif pada Peserta Didik Kelas IV B SDN 15 Ulu Gadut pada Pembelajaran Tematik Integratif. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yuni-ristanti-13712259015.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bahwa penampilan guru dalam mengajar menggunakan media manipulatif berada pada klasifikasi baik agar dapat meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan hitung peserta didik.. (2) meningkatkan motivasi belajar. (3) meningkatkan keterampilan hitung pecahan desimal melalui media manipulatif pada pembelajaran tematik integratif peserta didik kelas IVB SDN 15 Ulu Gadut Padang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Variabel yang diteliti meliputi keterampilan hitung pecahan desimal, motivasi belajar peserta didik, media manipulatif, dan pembelajaran tematik integratif. Penelitian tindakan kelas ini diimplentasikan pada peserta didik kelas IVB SDN 15 Ulu Gadut, Padang yang terindikasi belum memahami konsep pecahan desimal, mengalami kesulitan dalam menjumlah dan mengurangi pecahan desimal terutama pada bilangan yang tidak diketahui, kurang memahami teknik menyimpan dan meminjam pada penjumlahan dan pengurangan, pasif dan kurang termotivasi dalam belajar, dan menunda-nunda waktu pengerjaan tugas. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, skala, catatan lapangan, dan tes. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) penampilan guru dalam memberikan pembelajaran pada peserta didik berada pada klasifikasi baik dengan jumlah skor pada siklus 1, 2, dan 3 senilai 160,5; 174; dan 179,17. 2) motivasi peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata hasil pada siklus 1 senilai 62,04 dengan klasifikasi baik, siklus 2 senilai 65,56 dengan klasifikasi baik, dan siklus 3 senilai 68,16 dengan klasifikasi baik sedangkan hasil tes skala motivasi belajar peserta didik berada pada kategori sangat tinggi dengan peningkatan rata-rata skor pada siklus 1 senilai 79,41, siklus 2 senilai 85,05, dan siklus 3 senilai 87,05. (3) Hasil tes keterampilan hitung pecahan desimal peserta didik pada akhir siklus 3 berada pada skor rata-rata 90,81 pada level I, 93,51 pada level II, 75,14 pada level III, 75,68 pada level IV, dan 76,76 pada level V.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan hitung pecahan desimal, motivasi belajar, media manipulatif, tematik integratif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Aug 2015 08:26
Last Modified: 09 May 2019 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25583

Actions (login required)

View Item View Item