Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif IPA pada Siswa Kelas V SD Gugus 3 Kotagede

Hidayah, Ratna (2015) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif IPA pada Siswa Kelas V SD Gugus 3 Kotagede. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ratna-hidayah-13712251015.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan proses sains; 2) pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar kognitif IPA; 3) pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif IPA pada siswa kelas V SD Gugus 3 Kotagede secara bersama- sama. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiments) dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus 3 Kotagede Kecamatan Kotagede Yogyakarta tahun pelajaran 2014/ 2015 yang berjumlah 9 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Dari populasi yang ada diambil 3 kelas secara random sebagai sampel. Dua kelas ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model Problem Based Learning, dan satu kelas ditetapkan sebagai kelas kontrol dengan ekspositori. Kelas yang diperoleh adalah kelas V SD Negeri Kotagede 5 (eksperimen1), kelas VA SD N Kotagede 1 (eksperimen 2), dan kelas V SD N Baluwarti (kontrol). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif IPA adalah soal tes dan lembar observasi. Uji normalitas data menggunakan Klomogorov-Smirnov, sedangkan uji homogenitas secara multivariate menggunakan uji Box M dan secara univariat menggunakan Lavene’s est. Data dianalisis dengan independent t-test, uji MANOVA T² Hotelling, dan dilanjutkan dengan uji kriteria Bonferroni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) problem based learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan proses sains dengan nilai signifikansi 0,00 (independent t-test dengan taraf signifikansi 0,025). 2) Problem based learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPA dengan nilai signifikansi 0,00 (independent t-test dengan taraf signifikansi 0,025). 3) Problem based learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA dengan nilai signifikansi 0,00 (MANOVA T² Hotelling dengan taraf signifikansi 0,05). Keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif IPA di kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 lebih tinggi daripada kelas kontrol (Uji Bonferroni pada taraf signifikansi 0,05). Keseluruhan uji dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif IPA pada siswa kelas V SD Gugus 3 Kotagede.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, keterampilan proses sains, hasil belajar kognitif IPA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Aug 2015 04:22
Last Modified: 09 May 2019 02:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25398

Actions (login required)

View Item View Item