PROFIL SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD NEGERI TAMANSARI 1 YOGYAKARTA

Setiawati, Evi (2015) PROFIL SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD NEGERI TAMANSARI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI EVI SETIAWATI 11108241040.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan profil sekolah penyelenggara pendidikan inklusif di SD Negeri Tamansari 1 Yogyakarta yang meliputi tenaga pendidik, kurikulum, sarana dan prasarana yang ada di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif, dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah atau koordinator inklusi, empat guru kelas, dan satu guru pendamping khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dan trinagulasi teknik dan sumber dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) keterbatasan tenaga pendidik yang dimiliki yaitu sekolah hanya memiliki satu guru pendamping khusus untuk membimbing dan melayani semua anak bekebutuhan khusus yang ada di sekolah tersebut, sekolah memiliki 38 siswa anak berkebutuhan khusus (ABK) dan terdapat lebih dari empat siswa di setiap kelasnya, 2) kurikulum yang digunakan kurikulum umum, namun sudah dimodifikasi dalam memodifikasi yakni siswa rata-rata reguler disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan atau potensi anak berkebutuhan khusus dengan mempertimbangkan karakter (ciri-ciri) dan tingkat kecerdasannya, pengembangan kurikulum dilakukan dengan memodifikasi alokasi waktu, modisikasi isi atau materi, memodifikasi kurikulum dalam isi atau materi berupa penyesuaian standar kompetensi dan komptensi dasar, 3) Fasilitas dan sarana untuk melayani anak berkebutuhan khusus masih kurang, seperti belum adanya ruangan khusus, alat penunjang dan buku penunjang layanan anak bekebutuhan khusus belum lengkap. Kata kunci : Profil penyelenggara pendidikan inklusif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Aug 2015 08:07
Last Modified: 30 Jan 2019 01:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24718

Actions (login required)

View Item View Item