Pengembangan Perangkat Penilaian Hasil Belajar dalam Pembelajaran Tematik Integratif Kelas V SD pada Subtema Komponen Ekosistem

Prasetyo, Teguh (2015) Pengembangan Perangkat Penilaian Hasil Belajar dalam Pembelajaran Tematik Integratif Kelas V SD pada Subtema Komponen Ekosistem. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-teguh-prasetyo-13712251066.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat penilaian yang layak untuk pembelajaran tematik-integratif kelas V SD, (2) mengetahui kepraktisan perangkat penilaian yang dikembangkan, dan (3) mengetahui keefektifan perangkat penilaian di kelas V SD pada subtema Komponen Ekosistem. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan 4-D dari Thiagarajan, Semmel, & Semmel yang telah dimodifikasi menjadi tiga prosedur pengembangan, yaitu: (1) define, (2) design, dan (3) develop. Tahap define meliputi analisis awal-akhir, analisis peserta didik, analisis materi, analisis tugas dan perumusan indikator, tahap design meliputi pemilihan format, pemilihan media, dan draf produk awal, tahap develop meliputi validasi ahli dan uji coba pengembangan. Subjek uji coba pengembangan terdiri dari SDN Godean 1, SDN Cebongan 1, dan SDN Purwomartani. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan, lembar observasi aktivitas peserta didik, angket respon guru, dan angket respon peserta didik. Seluruh instrumen telah divalidasi oleh ahli. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan mengkonversikan skor total yang dikategorikan sedangkan data kualitatif digunakan mendapatkan masukan dan saran terhadap produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat penilaian hasil belajar dalam pembelajaran tematik-integratif di kelas V SD pada subtema Komponen Ekosistem layak digunakan, praktis, dan efektif. Berdasarkan penilaian ahli terhadap perangkat penilaian hasil yang dikembangkan berkategori “sangat baik”. Selanjutnya hasil uji coba pengembangan, produk menunjukkan bahwa perangkat penilaian hasil belajar berkategori “sangat praktis” dan “sangat efektif” dalam pembelajaran. Selain itu produk juga dapat mengukur ketuntasan prestasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat penilaian, pembelajaran tematik-integratif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Aug 2015 09:45
Last Modified: 09 May 2019 02:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24594

Actions (login required)

View Item View Item