Evaluasi Program Pembelajaran IPS Terpadu SMP Kelas VIII di Kabupaten Sumbawa

Hartono, Roni (2015) Evaluasi Program Pembelajaran IPS Terpadu SMP Kelas VIII di Kabupaten Sumbawa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-roni-hartono-13701251011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kualitas pembelajaran IPS terpadu di Kabupaten Sumbawa, (2) mengetahui output pembelajaran IPS terpadu di Kabupaten Sumbawa, dan (3) mengetahui kualitas program pembelajaran IPS terpadu di Kabupaten Sumbawa. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian evaluatif menggunakan model EKOP (evaluasi kualitas dan output pembelajaran). Populasi penelitian ini adalah semua sekolah menengah pertama negeri yang melaksanakan program pembelajaran IPS di Kabupaten Sumbawa tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SMP Negeri kelas VIII. Sampel sumber informasi kepala sekolah dan guru dipilih dengan cara purposive sampling sedangkan penarikan jumlah sampel untuk siswa menggunakan cluster sampling dimana penarikan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,dokumentasi dan kuesioner. Validitas yang digunakan berupa validitas isi (expert judgement) dan validitas konstrak dengan menggunakan analisis faktor serta menggunakan standar reliabitas di atas 0,70. Analisis data dilakukan dengan menghitung rata-rata setiap skor kemudian dibandingkan dengan kriteria penilaian yang telah ditetapkan. Hasil evaluasi program pembelajaran IPS terpadu di Kabupaten Sumbawa menunjukkan bahwa : (1) kualitas pembelajaran IPS terpadu di Kabupaten Sumbawa termasuk kategori baik karena kinerja guru berkategori sangat baik, sedangkan fasilitas pembelajaran, iklim kelas, sikap dan motivasi siswa dalam pembelajaran IPS termasuk kategori baik, (2) kualitas output pembelajaran IPS terpadu di kabupaten sumbawa termasuk kategori baik karena kecakapan akademik berkategori sangat baik, sedangkan kecakapan personal dan sosial berkategori baik, (3) kualitas program pembelajaran IPS terpadu di kabupaten sumbawa termasuk kategori baik karena kualitas dan output pembelajaran termasuk kategori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, program, pembelajaran IPS terpadu.
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:54
Last Modified: 21 Jun 2022 06:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24164

Actions (login required)

View Item View Item