Pengembangan Multimedia Interaktif Adobe Flash Pada Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Scientific Approach Subtema Indahnya Peninggalan Sejarah Kelas IV Sekolah Dasar

Prasetyo, Giri (2015) Pengembangan Multimedia Interaktif Adobe Flash Pada Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Scientific Approach Subtema Indahnya Peninggalan Sejarah Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-giri-prasetyo-13712251006.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Multimedia Interaktif Adobe Flash yang layak dan efektif pada pembelajaran tematik integratif berbasis scientific approach Subtema Indahnya Peninggalan Sejarah kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah 45 orang, yang terdiri dari 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 3 guru kelas, 5 orang peserta didik pada uji coba lapangan awal, 12 peserta didik pada uji coba lapangan, dan 20 peserta didik pada uji pelaksanaan lapangan. Yang digali dalam penelitian ini adalah data validasi ahli materi, data validasi ahli media, data respon guru, data tanggapan peserta didik, terhadap aspek pembelajaran, aspek tampilan, dan aspek pemrograman, serta data perbandingan nilai pre-test dan post test. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli media, ahli materi, angket untuk pengamatan multimedia untuk guru, dan kuesioner kepada peserta didik pada uji coba lapangan awal, uji coba lapangan, dan uji pelaksanaan lapangan. Analisis data menggunakan teknis presentase dan kategorisasi dengan konversi skor skala 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa software multimedia interaktif ini layak dan efektif untuk meningkatkan prestasi peserta didik. Kelayakan multimedia ini dapat dilihat dari penilaian hasil validasi multimedia oleh ahli materi pada aspek ketepatan materi sebesar 4,5; aspek keluasan materi sebesar 4, aspek kelengkapan materi sebesar 4,5; aspek kejelasan materi sebesar 4,6; aspek kemutahiran materi sebesar 4,5; aspek sistematika materi sebesar 4,5, hasil validasi oleh ahli media dari aspek isi dan tujuan media skor rerata 3,8; aspek kualitas instruksional media skor rerata 3,7 dan aspek kualitas teknis multimedia skor rerata 4,1, serta hasil angket multimedia oleh peserta didik dari indikator kualitas materi/isi skor rerata persentase sebesar 97,4%; indikator kualitas penyajian skor rerata persentase sebesar 83,2%; dan indikator kualitas bahasa skor rerata persentase sebesar 79%. Sedangkan keefektifan multimedia ini dapat dilihat dari dengan rerata persentase peningkatan nilai antara nilai pre-test dan post-test dengan rerata uji coba lapangan awal sebesar 54,7%, uji coba lapangan sebesar 44,7%, dan pada uji pelaksanaan lapangan sebesar 31,7%. Dengan rerata prosentase peningkatan nilai antara pre-test dan post-test sebesar 43,7%, sehingga digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, adobe flash, tematik integratif, scientific approach
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:54
Last Modified: 09 May 2019 02:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24036

Actions (login required)

View Item View Item