PERBEDAAN EFEKTIVITAS METODE MAKE A MATCH DAN METODE GUIDED NOTE TAKING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014

Kurnianingsih, Esti (2014) PERBEDAAN EFEKTIVITAS METODE MAKE A MATCH DAN METODE GUIDED NOTE TAKING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan metode make a match dibandingkan metode guided note taking pada pembelajaran IPS; dan 2) Efektivitas metode make a match dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dibandingkan metode guided note taking pada pembelajaran IPS di Kelas VIII SMP 2 Bantul Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest Randomized Groups Design, menggunakan dua kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP 2 Bantul Tahun Ajaran 2013/2014, sedangkan sampelnya yaitu kelas VIII A dan VIII F. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi dan tes. Validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi dan konstruk. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, dilanjutkan perhitungan ukuran efek (d). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Adanya perbedaan yang signifikan penggunaan metode make a match dibandingkan metode guided note taking dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Perbedaan aktivitas belajar siswa yag signifikan ditunjukkan dari hasil uji-t diperoleh nilai thitung>ttabel yaitu thitung = 4,471 lebih besar dari ttabel = 2,015. Perbedaan hasil belajar yang signifikan ditunjukkan dari hasil uji-t thitung>ttabel yaitu thitung = 2,429 lebih besar dari ttabel = 2,015. (2) Metode make a match efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dibandingkan metode guided note taking. Efektivitas penggunaan metode make a match dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa ditunjukkan dari hasil perhitungan ukuran efek d = 1,37(d>0,8), yang termasuk kategori efek besar. Efektivitas penggunaan metode make a match dalam meningkatkan hasil belajar ditunjukkan dari hasil perhitungan ukuran efek d = 0,88 (d>0,8), yang termasuk kategori efek besar. Kata kunci: efektivitas, metode make a match, metode guided note taking, aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 29 Jul 2015 06:16
Last Modified: 30 Jan 2019 01:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23899

Actions (login required)

View Item View Item