FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT MAHASISWA MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Wulandari, Putri (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT MAHASISWA MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi full text.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh prestasi belajar terhadap minat mengikuti PPG 2) pengaruh jurusan terhadap minat mengikuti PPG 3) pengaruh gender terhadap minat mengikuti PPG 4) pengaruh keaktifan organisasi terhadap minat mengikuti PPG 5) pengaruh pendidikan orang tua terhadap minat mengikuti PPG dan 6) pengaruh pekerjaan orang tua terhadap minat mengikuti PPG dan 7) pengaruh prestasi belajar, jurusan, gender, keaktifan organisasi, pendidikan orang tua dan pekerjaan orang tua secara bersama-sama terhadap minat mengikuti PPG. Penelitian ini termasuk penelitian kausal asosiatif yang meneliti pengaruh hubungan variabel bebas dan variabel terikat. Sedangkan berdasarkan data, penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi UNY semua jurusan kependidikan dan non kependidikan tahun 2012. Sampel penelitian berjumlah 249 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, analisis data mengunakan metode regresi berganda dummy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh prestasi belajar terhadap minat mengikuti PPG 2) terdapat pengaruh jurusan terhadap minat mengikuti PPG 3) tidak terdapat pengaruh gender terhadap minat mengikuti PPG 4) tidak terdapat pengaruh keaktifan organisasi terhadap minat mengikuti PPG 5) tidak terdapat pengaruh pendidikan orang tua terhadap minat mengikuti PPG 6) terdapat pengaruh pekerjaan orang tua terhadap minat mengikuti PPG. 7) terdapat pengauh prestasi belajar, jurusan, gender, keaktifan organisasi, pendidikan orang tua dan pekerjaan orang tua secara bersama-sama terhadap minat mengikuti PPG. Jika prestasi belajar meningkat maka minat mengikuti PPG akan meningkat, mahasiswa jurusan kependidikan memiliki minat lebih tinggi dibanding jurusan non kependidikan, serta mahasiswa yang orang tuanya bekerja sebagai pendidik memiliki minat yang lebih tinggi dibanding mahasiswa yang pekerjaan orang tuanya bukan pendidik. Saran terkait penelitian ini baik untuk lembaga maupun mahasiswa adalah untuk terus berupaya meningkatkan minat mahasiswa untuk mengikuti PPG. Lembaga harus dengan aktif mengadakan seminar dan sosialisasi mengenai profesi guru karena peningkatan profesionalisme guru sangat penting untuk kemajuan pendidikan bangsa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23830

Actions (login required)

View Item View Item