PENGARUH PERSEPSI TENTANG PENDIDIKAN, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, JENIS SEKOLAH, DAN STATUS SEKOLAH TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH YANG BERTEMPAT TINGGAL DI DESA ADIWERNA KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL

Febriani, Ayu Dwi (2015) PENGARUH PERSEPSI TENTANG PENDIDIKAN, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, JENIS SEKOLAH, DAN STATUS SEKOLAH TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH YANG BERTEMPAT TINGGAL DI DESA ADIWERNA KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSIFULL-AYUDWIFEBRIANI-1040424139.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi tentang pendidikan, lingkungan teman sebaya, jenis sekolah dan status sekolah terhadap minat melanjutkan ke Perguruan Tinggi pada siswa jenjang pendidikan menengah yang bertempat tinggal di Desa Adiwerna, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Variabel penelitian ini adalah minat siswa melanjutkan ke Perguruan Tinggi, persepsi tentang pendidikan, lingkungan teman sebaya, jenis sekolah, dan status sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa pada jenjang pendidikan menengah yang bertempat tinggal di Desa Adiwerna, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal yang berjumlah 516 siswa. Sampel diambil sebanyak 216 orang dengan teknik insidental sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model probit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi tentang pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Jenis sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi, siswa yang bersekolah di sekolah umum memiliki probabilitas berminat melanjutkan ke perguran tinggi lebih tinggi 13,09% daripada siswa yang bersekolah di sekolah kejuruan. Status sekolah tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi, sehingga siswa yang bersekolah di sekolah negeri maupun swasta memiliki probabilitas yang sama untuk berminat melanjutkan ke perguruan tinggi. Persepsi tentang pendidikan, teman sebaya, jenis sekolah dan status sekolah secara bersama – sama berpengaruh terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23789

Actions (login required)

View Item View Item