PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA KELAS AKSELERASI DI MTSN TEMBORO KABUPATEN MAGETAN JAWA TIMUR

Arista Martha, Rumadany (2012) PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA KELAS AKSELERASI DI MTSN TEMBORO KABUPATEN MAGETAN JAWA TIMUR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Arista_08401241004.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1). Mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada kelas akselerasi; (2). Menganalisis kendala pelaksanaan KTSP dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada kelas akselerasi di MTsN Temboro, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ditentukan secara purposive. Subjek penelitian adalah direktur kelas akselerasi, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, guru PKn kelas akselerasi dan siswa kelas akselerasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah penjodohan pola dengan langkah-langkah memasang data mentah kasus, menyusun rekaman kasus dan menulis kajian kasus secara naratif. Hasil penelitian pelaksanaan KTSP dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas akselerasi MTsN Temboro meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan pembelajaran diawali dengan membuat perangkat pembelajaran di antaranya silabus dan RPP. Guru PKn menyusun silabus dan RPP kelas akselerasi dengan memperhatikan alokasi waktu kelas akselerasi yang dipetakan dalam program tahunan, program semester dan perhitungan minggu efektif yang lebih singkat daripada kelas reguler. Pelaksanaan pembelajaran di kelas akselerasi dilaksanakan dengan menggunakan arahan dari RPP. Evaluasi pembelajaran PKn pada kelas akselerasi meliputi ulangan harian, ulangan mid dan ulangan kenaikan. Pada dasarnya pelaksanaan KTSP dalam pembelajaran PKn pada kelas akselerasi sudah sesuai dengan acuan KTSP tetapi kurang optimal. Guru PKn belum sepenuhnya memahami penyusunan silabus dan RPP kelas akselerasi. Materi pembelajaran dalam silabus dan RPP belum menunjukkan mana yang mendapatkan pendalaman, perluasan atau percepatan. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru kurang memperhatikan perencanaan sehingga penyampaian materi tidak sesuai program semester. Proses pembelajaran didominasi guru sehingga siswa terlihat pasif. Pelaksanaan KTSP pada kelas akselerasi juga masih mengalami kendala di antaranya : (1). Guru PKn kesulitan memetakan SK/KD; (2). Guru PKn tidak mengembangkan langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa; (3). Metode pembelajaran yang digunakan masih dominan ceramah sehingga pembelajaran yang terjadi tidak efektif, kreatif serta menyenangkan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 24 Jul 2015 03:25
Last Modified: 30 Jan 2019 01:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23760

Actions (login required)

View Item View Item