Pengaruh Metode Project-Based Learning dan Metode Expository Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V di Gugus I Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul

Yastika, Noviarda (2015) Pengaruh Metode Project-Based Learning dan Metode Expository Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V di Gugus I Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-noviarda-yastika-13712259006.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar pada siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan metode project-based learning dan siswa yang yang mendapat pembelajaran menggunakan metode expository pada siswa kelas V SD di gugus I kecamatan Bantul. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu. Desain yang digunakan adalah kelompok kontrol prates-pascates berpasangan. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SD di gugus I kecamatan Bantul. Dua kelas eksperimen digunakan masing-masing kelas VA SD 1 Bantul dan kelas V SD Bantul Warung. Kelas VB SD 1 Bantul sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan angket hasil belajar afektif, tes hasil belajar kognitif, dan lembar observasi hasil belajar psikomotor. Uji validitas menggunakan expert judgement dan uji korelasi product moment. Uji reabilitas menggunakan cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data multivariat MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan metode project-based learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan metode expository. Terdapat perbedaan signifikan pada sig. (0,000) kurang dari α (0,05). Hasil belajar baik hasil belajar afektif, hasil belajar kognitif, dan hasil belajar psikomotor dari kelas eksperimen mempunyai rata-rata yang lebih besar dari kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: project-based learning, expository, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 09 May 2019 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23586

Actions (login required)

View Item View Item