ALIH FUNGSI LAHAN PT.KERETA API INDONESIA (PERSERO) MENJADI PEMUKIMAN PENDUDUK DI KECAMATAN GARUT KOTA KABUPATEN GARUT PROVINSI JAWA BARAT

Nahdly, Abdurahman (2013) ALIH FUNGSI LAHAN PT.KERETA API INDONESIA (PERSERO) MENJADI PEMUKIMAN PENDUDUK DI KECAMATAN GARUT KOTA KABUPATEN GARUT PROVINSI JAWA BARAT. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses alih fungsi lahan PT.Kereta Api Indonesia (Persero) yang dimanfaatkan oleh masyarakat di Kecamatan Garut Kota untuk pemukiman. Selain itu untuk mengetahui upaya PT.Kereta Api Indonesia (Persero) dalam mengembalikan aset tanah dari masyarakat terkait reaktivasi jalur Cibatu-Cikajang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian dengan teknik purposive. Subjek penelitian ini ada tiga, yaitu: (1) Manager Divisi Aset PT.Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 2 Bandung. (2) Manager Divisi Hukum PT.Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 2 Bandung, (3) Manager Divisi Pengusahaan Aset PT.Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 2 Bandung, (4) Korwil 23Garut PT.Kereta Api Indonesia DAOP 2 Bandung (Persero), (5) KS (Kepala Stasiun) Stasiun Garut, (6)Masyarakat di Kecamatan Garut Kota yang memanfaatkan tanah aset PT.KAI (Persero) untuk pemukiman. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi sehingga teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan penulis adalah dengan teknik cross check. Teknik analisis data dilakukan secara induktif, dengan langkah reduksi data, unitisasi dan kategorisasi, sajian data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan alih fungsi lahan PT.Kereta Api Indonesia (Persero) menjadi pemukiman Penduduk di Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat: 1) alih fungsi lahan PT.Kereta Api Indonesia (Persero) oleh masyarakat di Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut dikarenakan adanya: a) Hubungan sewa menyewa atas tanah aset PT.Kereta Api Indonesia (Persero) dengan masyarakat di Kecamatan Garut Kota. b)Penggunaan tanah tanpa izin oleh masyarakat. 2) Upaya PT.Kereta Kereta Api Indonesia terkait reaktivasi jalur Cibatu-Cikajang antara lain: a) Melakukan sosialisasi kepada masyarakat, b) Melakukan inventarisasi terhadap aset yang dimiliki PT.Kereta Api Indonesia (Persero) di Kecamtan Garut Kota, c) Pembatasan jangka waktu sewa tanah Kata kunci: alih fungsi lahan, PT.Kereta Api Indonesia (Persero), pemukiman penduduk.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 22 Jul 2015 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 01:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23570

Actions (login required)

View Item View Item