Implementasi Pendekatan Scientific oleh Guru dalam Menanamkan Sikap Ilmiah Peserta Didik di SDIT Luqman Al Hakim Internasional Yogyakarta

Masithoh, Dewi (2015) Implementasi Pendekatan Scientific oleh Guru dalam Menanamkan Sikap Ilmiah Peserta Didik di SDIT Luqman Al Hakim Internasional Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dewi-masithoh-13712251048.swf

Download (16MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan gambaran pengalaman dengan pembelajaran pendekatan scientific model inquiry terbimbing dalam menanamkan sikap ilmiah peserta didik SDIT Luqman Al Hakim Internasional Yogyakarta, yang meliputi: proses penerapan pendekatan scientific dalam menanamkan sikap ilmiah peserta didik, pengalaman pembelajaran yang menggunakan pendekatan scientific di kelas, dan kendala dalam penerapan pendekatan scientific dalam menanamkan sikap ilmiah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan ethnographic classroom. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru wali kelas 4A, dan peserta didik kelas 4A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dan pedoman observasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan teknik analisis kualitatif model Lankshear dan Knobel, meliputi analisis data wawancara dan data observasi. Keabsahan data diperoleh dengan menggunakan teknik triangulasi subjek dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran yang menggunakan pendekatan scientific siklus belajar 7M meliputi: mengagumi, menghayati, meneliti, merealisasi, mengkolaborasi, mengaktualisasi, dan memberi. Setiap tahap tersebut memiliki tujuan tertentu agar peserta didik memiliki sikap ilmiah yang dimiliki ilmuwan dalam menyelesaikan permasalahan. Pengalaman pembelajaran yang menggunakan pendekatan scientific yang diceritakan subjek penelitian menunjukkan kesamaan yaitu pembelajaran akan lebih bermakna jika dilakukan secara nyata dengan berbagai aktivitas belajar baik di dalam maupun di luar kelas. Kendala dalam penerapan adalah kemampuan guru dalam memahami pendekatan scientific berbeda-beda, kemampuan dan gaya belajar anak berbeda-beda, serta ada anak yang perlu pendampingan khusus dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan scientific, sikap ilmiah, sekolah dasar islam terpadu luqman al hakim internasional yogyakarta
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Jul 2015 12:48
Last Modified: 09 May 2019 02:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23400

Actions (login required)

View Item View Item