Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Matematika melalui Metode Inquiry pada Pembelajaran Tematik Integratif SiswaKelas IV SD Kasongan Bantul

Lastriningsih, Lastriningsih (2015) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Matematika melalui Metode Inquiry pada Pembelajaran Tematik Integratif SiswaKelas IV SD Kasongan Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lastriningsih-13712259005.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar matematika pada ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan melalui metode inquiry dalam pembelajaran tematik integratif siswa kelas IV SD Kasongan Bantul. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Kasongan Bantul sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan catatan lapangan; sedangkan instrumen yang digunakan adalah soal tes uraian, pilihan ganda, dan rating scale. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inquiry pada pembelajaran tematik integratif yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar matematika meliputi kegiatan mengidentifikasi masalah, menyelesaikan masalah, mengomunikasikan, mengaplikasikan, dan mengevaluasi. Pada pelaksanaan langkah inquiry guru perlu memperhatikan hal sebagai berikut: (a) memberikan bimbingan agar siswa dapat menganalisis hasil penyelidikan secara sistematis, (b) memberikan motivasi dengan pemberian reward agar siswa aktif dalam kegiatan inquiry, (c)memperhatikan kemampuan siswa dalam pembentukan kelompok sehingga siswa yang pandai dapat membantu siswa yang kurang. Setelah dilakukan pembelajaran metode inquiry, kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan: (a) persentase ketuntasan kemampuan berpikir kritis mencapai 80% dengan rata-rata kelas 3,12 (tinggi), (b) persentase ketuntasan aspek mengidentifikasi masalah mencapai 95% (sangat tinggi), persentase ketuntasan aspek menganalisis mencapai 80% (tinggi), dan persentase ketuntasan aspek menyimpulkan sebesar 75% (tinggi), (c) persentase ketuntasan prestasi belajar ranah pengetahuan mencapai 80% dengan rata-rata 3,04 (tinggi), (d) persentase ketuntasan ranah sikap mencapai 90% dengan rata-rata kelas 3,16 (sangat tinggi), dan (e) persentase ketuntasan ranah keterampilan sebesar 80% dengan rata-rata kelas 3,20 (tinggi).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis, prestasi belajar matematika, metode inquiry, pembelajaran tematik integratif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Jul 2015 12:48
Last Modified: 09 May 2019 02:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23326

Actions (login required)

View Item View Item